Sukses

Jurus Gigi Bebas Jigong

Kebersihan serta kesehatan gigi dan mulut harus dapat dicapai dengan mencegah terbentuknya plak pada gigi dan menghilangkannya

Kebersihan serta kesehatan  gigi dan mulut harus dapat dicapai dengan mencegah terbentuknya plak pada gigi dan menghilangkannya.

Apakah itu plak? Dan bagaimana plak dapat merusak gigi? Simak beberapa penjelasan berikut.

Apa Itu Plak?

Plak adalah suatu deposit lunak yang terdiri dari bakteri yang berkembangbiak dan menyebabkan kerusakan pada gigi.

Selain sebagai penyebab timbulnya karies gigi atau gigi berlubang, plak juga menyebabkan keradangan pada gusi (gingivitis) dan keradangan jaringan pendukung gigi (periodontitis).

Bagaimana mencegah terbentuknya plak atau menghilangkan plak yang telah terbentuk?

Berikut ini akan kami jelaskan jurus-jurus ampuh menjaga kesehatan gigi agar terbebas dari plak.

 

1 dari 2 halaman

Jurus Gigi Bebas Jigong

Berikut jurus-jurus menjaga kesehatan gigi bebas dari plak:

  • Menyikat Gigi
    Menyikat gigi adalah metode pembersihan mekanis yang utama dalam menghilangkan dan mencegah terbentuknya plak gigi.  Frekuensi, durasi, jenis sikat gigi, metode penyikatan dan penggunaan pasta gigi dalam melakukan sikat gigi merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap hasil dari aktivitas ini.

    Metode dalam menyikat gigi ini bermacam-macam dan pada kenyataannya tidak ada metode yang lebih unggul terhadap metode lainnya, tiap-tiap metode mempunyai kekurangan serta keunggulan masing-masing.

    Hal yang harus diperhatikan dalam menyikat gigi adalah dilakukan 2 kali sehari, waktu penyikatan yang cukup yaitu 2-3 menit, menggunakan pasta gigi, menggunakan sikat dengan bulu yang lembut dan ujung kepala mengecil (apabila menggunakan sikat gigi manual) dan gerakan berulang-ulang pada tiap permukaan gigi.

  • Membersihkan Sela Gigi
    Penyikatan gigi saja tidak mampu membersihkan sampai keselah-selah gigi secara tuntas, tetapi diperlukan pembersihan yang spesifik pada bagian tersebut, karena plak gigi juga dapat terbentuk disana yang kemudian menjadi cikal bakal karies, gingivitis dan periodontitis. Pembersihan daerah selah gigi dapat dibantu dengan benang gigi atau dental floss.

  • Menggunakan Obat Kumur
    Pengendalian plak dapat dilakukan juga dengan berkumur dengan menggunakan obat kumur, tetepi tentu saja tetap diiringi dengan penyikatan dan pembersihan selah gigi. Jenis obat kumur yang direkomendasikan adalah obat kumur dengan kandungan Chlorhexidine (0,2%) karena mempunya daya antiplak dan antigingivitis.

  • Membersihkan Plak Gigi Secara Profesional
    Hal ini hanya dapat dilakukan dengan bantuan dokter gigi, dimana pembersihan yang dilakukan melipuyi pembersihan plak dan kalkulus supragingiva (diatas gusi). Sebaiknya pembersihan ini dilakukan secara berkala.

0 Komentar

Belum ada komentar