Sukses

6 Jenis Asupan untuk Kulit Awet Muda

Mengatur asupan makanan Anda merupakan langkah awal yang baik untuk memperoleh kulit awet muda.

KlikDokter.com Saat ini, semakin banyak produk kecantikan di pasaran yang diyakini dapat membuat kulit Anda segar dan tampak awet muda. Namun tidak cukup dari luar saja, makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh sama pentingnya dengan produk kecantikan yang dioleskan ke kulit.

Makanan dan minuman tersebut akan diurai menjadi berbagai jenis nutrien yang bermanfaat bagi sel tubuh, termasuk kulit. Perawatan kulit wajah rutin tidak akan memberikan hasil yang maksimal apabila asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi kurang bergizi.

Berikut asupan yang tidak boleh Anda lewatkan agar kulit senantiasa sehat:

1. Air

Supaya nutrisi dari makanan mudah diserap oleh kulit, sel-sel kulit membutuhkan air sebagai perantaranya. Air juga membantu sel mengeluarkan racun dan zat sisa metabolisme dari tubuh. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak segar, lembap, serta tidak mudah timbul keriput atau garis penuaan. Air kelapa merupakan alternatif yang baik untuk menggantikan elektrolit yang hilang karena dehidrasi.

2. Buah

Semua jenis buah baik untuk dikonsumsi, namun beberapa di antaranya diyakini memiliki manfaat lebih untuk kesehatan kulit. Sebagai contoh:

  • Alpukat tinggi akan lemak sehat dan fitonutrien yang penting bagi sel kulit.
  • Golongan beri (strawberi, bluberi, dll) kaya akan vitamin C dan vitamin A. Seperti halnya pada buah buah golongan sitrus, pepaya, kiwi, atau apel.

Vitamin C berperan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, dengan cara memperbaiki kerusakan jaringan kolagen dan elastin kulit, sehingga kulit tetap kenyal. Sementara vitamin A berperan penting dalam regenerasi sel kulit lama dengan yang baru.

Berikut asupan lainnya yang dapat membantu kulit awet muda, selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

6 Jenis Asupan untuk Kulit Awet Muda

H2 Health & Happiness

3. Sayur

Untuk mempermudah Anda, pastikan menu Anda sehari-hari mengandung sayuran berwarna merah, kuning, dan hijau. Warna merah seperti pada tomat dan bit. Hijau seperti bayam, kale, ginseng, bok choy, dan brokoli. Kuning seperti pada paprika, atau oranye seperti pada wortel. Semakin gelap atau cerah warna sayur tersebut, semakin banyak vitamin dan mineral yang terkandung.

4. Rempah-rempah

Rempah amat sering digunakan di Indonesia. Selain memperkaya rasa makanan, beberapa contoh rempah seperti kunyit dan cengkeh juga mengandung antioksidan. Kayu manis dan pala diketahui mengandung senyawa antiperadangan, antibakteri, dan dapat memperbaiki sirkulasi darah. Jinten juga mengandung vitamin E dan efek antibakteri untuk menghambat pembentukan jerawat.

5. Protein

Pertama, protein dari hewan yang hidup di air. Ikan seperti kakap, tuna, salmon, sarden; udang; kepiting; tiram; tinggi akan selenium. Mineral selenium membantu melindungi kulit dari zat radikal bebas. Zat radikal bebas berperan dalam proses penuaan, kerusakan jaringan, dan penyakit. Salmon juga kaya akan asam lemak esensial omega-3 dan omega-6.  Namun, pilihlah produk yang segar dan bebas pengawet.

Kedua, protein dari unggas. Daging unggas kaya akan coenzyme Q10 yang menghambat zat radikal bebas. Secara alami, tubuh menghasilkan jenis antioksidan ini, namun seiring pertambahan usia, produksinya semakin menurun.

6. Minyak zaitun, biji-bijian, kacang-kacangan

Minyak canola (bunga matahari), zaitun, kemudian golongan biji-bijian dan kacang-kacangan mengandung asam emak esensial omega-3 dan omega-6 yang membantu mengembalikan minyak alami pelindung kulit agar kulit tetap kenyal dan lembap. Contoh kacang-kacangan antara lain kacang almond, kenari, hingga kedelai yang mudah ditemukan dalam bentuk tempe atau susu kedelai.

Variasikan menu makanan Anda dengan bahan-bahan di atas dalam takaran secukupnya. Selain memberikan nutrisi dari dalam tubuh, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan kulit wajah dan menggunakan pelindung kulit seperti tabir surya untuk hasil yang optimal.

0 Komentar

Belum ada komentar