Kulit

Langkah-Langkah untuk Memulihkan Kulit Kusam

dr. Citra Roseno, 06 Agt 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Siapa pun tidak ingin memiliki kulit yang tampak kusam. Namun jangan khawatir, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memulihkannya. Simak langkah-langkahnya di sini!

Langkah-Langkah untuk Memulihkan Kulit Kusam

KlikDokter.com - Kulit yang tampak kusam adalah kulit yang kehilangan kilau aslinya, terlihat tidak segar, dan menggelap. Pada kulit yang kusam akan tampak bekas jerawat, pori-pori yang tidak rata, produksi minyak berlebih, atau keriput pada kulit.

Penyebab kulit kusam bermacam-macam, seperti proses penuaan, kurang tidur, kelelahan tubuh, maupun faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari dan cuaca.

Untuk menjaga agar kulit tetap berkilau dan terlihat segar, banyak cara sederhana yang dapat Anda lakukan saat ini, antara lain:

Langkah pertama, mulailah membiasakan pola hidup sehat seperti:

  • Konsumsi makanan bernutrisi

Batasi konsumsi makanan cepat saji, makanan berminyak, minuman beralkohol, dan perbanyak konsumsi buah dan sayuran agar kulit dapat ternutrisi dengan baik.

  • Cukupi kebutuhan cairan

Kulit yang mengalami dehidrasi tampak lebih kusam dan kering. Minum setidaknya 2 L/hari (sesuaikan dengan aktivitas Anda) agar sel-sel kulit tetap terjaga kelembabannya.

  • Olahraga

Olahraga memperbaiki sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh, serta membantu mengeluarkan zat toksin dari tubuh sehingga kulit tampak lebih segar.

  • Hindari rokok, alkohol, dan polusi udara

Ketiga hal ini dapat memicu penumpukan kotoran di kulit, menghambat sirkulasi oksigen ke sel kulit, dan membuat kulit tampak kusam.

  • Tidur cukup dan teratur

Kurangnya waktu tidur dapat meningkatkan level hormon stres di dalam tubuh, yang dapat memicu proses peradangan, penuaan, dan memperberat jerawat. Untuk itu, cukupi waktu tidur Anda sekitar 7-8 jam per hari.

Langkah selanjutnya berkaitan dengan perawatan pada kulit wajah seperti yang dijelaskan pada halaman berikut ini:

Langkah-Langkah untuk Memulihkan Kulit Kusam

Langkah selanjutnya berkaitan dengan perawatan pada kulit wajah seperti:

  • Lakukan ritual kecantikan

Selalu bersihkan wajah setiap Anda selesai beraktivitas di luar rumah, ketika mandi, dan sebelum pergi tidur. Terapkan suatu ritual kecantikan yang tidak boleh Anda lewatkan, misalnya sebelum pergi tidur, Anda harus selalu membersihkan wajah dan mengoleskan pelembab yang sesuai jenis kulit Anda.

  • Perawatan wajah ekstra

Lakukan eksfoliasi kulit mati pada wajah dengan menggunakan scrub khusus wajah, masker, pijat, atau facial sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Kegiatan ini dapat Anda lakukan sendiri di rumah maupun di pusat layanan kecantikan yang dilakukan oleh ahli kecantikan atau dokter kulit.

  • Lindungi kulit

Penyebab utama kulit kusam adalah paparan sinar matahari, oleh karena itu lindungi kulit Anda dengan mengoleskan tabir surya pada kulit sebelum Anda terpapar sinar matahari.

Terakhir, yang sering terlupakan adalah menjaga kebersihan telepon genggam, sarung bantal, dan benda lain yang sering bersentuhan dengan kulit wajah, agar kulit terhindar dari kotoran dan kuman yang dapat memicu timbulnya jerawat.

Mulailah menerapkan langkah-langkah di atas agar kulit Anda terbebas dari masalah, serta bijaksana dalam memilih produk yang menjanjikan hasil instan, karena sebenarnya sel-sel kulit membutuhkan waktu untuk beregenerasi, diimbangi dengan nutrisi dari dalam tubuh agar kulit sehat alami.

Cara Memutihkan Kulitmenghilangkan nodamemutihkan kulitWajah BersihCantik Sehat

Konsultasi Dokter Terkait