Sukses

3 Hal yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Laju kehidupan modern berlangsung cepat sehingga banyak anak pada zaman sekarang kehilangan masa kanak-kanaknya. Peran orangtua dan lingkungan sekitar sangat diperlukan, agar mereka tetap memiliki masa kanak-kanak yang berharga.

KlikDokter.com - Banyak orang meyakini bahwa anak tumbuh lebih cepat di zaman sekarang. Saat ini, banyak anak berusia 3-5 tahun yang berperilaku seperti anak usia 5 tahun, sepuluh tahun yang lalu.

Beberapa faktor yang berperan dalam hal ini antara lain kemajuan teknologi, tayangan di televisi, permainan digital, dan pola asuh orangtua masa kini.

Laju kehidupan modern berlangsung cepat sehingga banyak anak pada zaman sekarang kehilangan masa kanak-kanaknya. Peran orangtua dan lingkungan sekitar sangat diperlukan, agar mereka tetap memiliki masa kanak-kanak yang berharga.

Agar orangtua dapat senantiasa memonitor perkembangan anak, orangtua perlu memahami terlebih dahulu apa saja pengaruh utama dalam tumbuh kembang dan proses belajar mereka:

  • Pengaruh dari diri sendiri. Seperti jenis kelamin, kesehatan fisik dan mental, serta faktor genetik.
  • Pengaruh dari keluarga. Seperti hubungan dengan keluarga, pola asuh orangtua, nilai-nilai dalam keluarga, kondisi finansial orangtua, tingkat pendidikan dan pekerjaan orangtua, hingga kesehatan fisik dan mental orangtua.
  • Pengaruh dari masyarakat. Seperti keamanan dan kesehatan lingkungan rumah, tetangga, hingga sekolah.
  • Pengaruh budaya. Setiap daerah memiliki nilai, kepercayaan, dan pandangan yang berbeda dalam membesarkan anak.

Pastikan anak memperoleh pengaruh positif dalam faktor di atas. Selain itu, orangtua juga perlu memantau hal berikut yang saat ini berpengaruh besar pada perkembangan anak, berikut penjelasan selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

3 Hal yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Cerebrofort Multivitamin Lengkap untuk Tumbuh Kembang Anak

Televisi

Rata-rata anak usia prasekolah hingga remaja saat ini menghabiskan sekitar 10-20 jam per minggu untuk menonton TV. Saat ini banyak terdapat tayangan di televisi yang ditujukan khusus untuk golongan usia tertentu, mulai dari bayi hingga remaja. Meski demikian, orangtua tetap memiliki peran utama dalam menyeleksi dan membatasi waktu anak menonton televisi. Selain menyeleksi informasi yang diterima oleh anak, orangtua juga perlu mempertimbangkan dampak kesehatan yang dapat timbul pada anak akibat paparan terhadap layar televisi.

Komputer dan Perangkat Elektronik

Saat ini anak berusia sedini 2 tahun sudah mulai menggunakan computer dan gawai untuk sekadar bermain, menonton video, hingga mendengarkan musik. Teknologi ini memungkinkan anak untuk memperoleh pengalaman dan cara belajar yang baru. Namun teknologi ini tetap tidak dapat menggantikan manfaat kontak langsung antara orangtua dan anak.

Tuntutan yang Berlebihan

Ketika memasuki usia remaja, tekanan yang dihadapi anak-anak pun bertambah dengan banyaknya tuntutan agar mereka selalu berhasil dalam berbagai hal – dalam bidang akademik, olahraga, hingga penampilan. Jadilah pendengar yang baik untuk anak Anda, dorong mereka agar tidak sungkan bercerita jika ada yang membuat mereka gundah. Berikan tanggung jawab yang sesuai dengan usia mereka. Serta biarkan mereka mempelajari berbagai hal baru agar pikiran dan wawasannya semakin luas.

0 Komentar

Belum ada komentar