Sukses

8 Kesalahan Saat Diet yang Bisa Bikin Gagal

Salah satu pilihan tepat untuk menurunkan berat badan adalah dengan berdiet. Namun, tujuan ini bisa gagal karena kesalahan-kesalahan umum yang tampak biasa tapi sebenarnya fatal.

Slim & Fit

KlikDokter.com – Sudah mati-matian berdiet, namun berat badan tidak kunjung turun? Mungkin ada yang salah dengan pola diet Anda selama ini. Ingat-ingat lagi, apakah Anda pernah melakukan satu-dua hal dari delapan kesalahan di bawah ini? Jika ya, segera ubah dan mulailah menjalani program diet yang sehat. Berikut penjelasan lengkap berikut ini:

1. Melakukan Diet Ketat

Anda mungkin sering kali berdiet ketat dengan tidak makan apapun sepanjang hari atau hanya makan 1 buah apel saja demi bisa tampil sempurna saat liburan. Berat badan Anda pasti akan turun. Terlebih jika Anda diet hingga kurang dari 1000 kalori setiap harinya. Namun metabolisme Anda pun juga akan melambat. Ketika Anda berhenti berdiet, berat badan Anda pun akan naik lagi.

Berikut kesalahan diet lainnya yang sering sekali kita lakukan, selengkapnya di halaman berikutnya:

1 dari 2 halaman

8 Kesalahan Saat Diet yang Bisa Bikin Gagal

Slim & Fit

2. Melewatkan Sarapan

Melewatkan sarapan mungkin merupakan cara yang paling tampak sederhana untuk memangkas kalori. Namun dapat membuat Anda menjadi mudah lapar dan cenderung untuk mengemil ataupun makan siang dalam jumlah banyak. Pilihlah sarapan yang tinggi akan serat dan protein untuk mengurangi rasa lapar Anda. Anda dapat mencobanya dengan makan roti gandum dan telur misalnya. 

3. Menolak Makan Camilan

Ketika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, cemilan mungkin adalah hal yang paling terakhir dalam daftar Anda. Namun tahukah Anda, orang yang makan dalam porsi kecil dan sering akan lebih mudah menurunkan berat badan dan lebih mudah mengontrol rasa lapar. Namun pastikan juga cemilan yang Anda makan sehat dan bergizi seperti buah-buahan atau yoghurt rendah lemak.

5. Menambah Kalori Melalui Minuman

Ketika menghitung jumlah kalori yang masuk, Anda pasti cenderung hanya menghitung apa yang Anda makan saja dan tidak memperhatikan kalori dari minuman Anda. Cobalah menghitung juga kalori segelas kopi susu dari gerai minuman favorit Anda yang tak pernah Anda lewatkan setiap pagi. Atau jangan lupa juga untuk menghitung kalori dari minuman bersoda atau jus buah kesukaan Anda.

6. Minum Air Putih Terlalu Sedikit

Ini merupakan salah satu kesalahan diet yang paling sederhana. Air sangatlah penting untuk membakar kalori. Jika Anda mengalami dehidrasi, maka metabolisme dalam tubuh Anda akan terganggu dan Anda pun akan mengalami kesulitan dalam menurunkan berat badan.

7. Menghindari Produk Susu dan Olahannya

Susu, keju atau es krim sepertinya merupakan hal yang tabu bagi Anda yang sedang berdiet. Namun dari beberapa studi menunjukkan bahwa tubuh Anda akan membakar kalori lebih banyak jika Anda mendapatkan cukup kalsium. Anda bisa memilih produk yang rendah lemak sebagai penggantinya.

8. Menetapkan Tujuan yang Tidak Realistis

Memiliki target untuk turun 10 kg dalam waktu sebulan hanya akan membuat Anda menjadi stres jika tidak bisa mencapainya. Cobalah untuk menetapkan target yang lebih realistis dan jangan terlalu memforsir diri Anda. Jika berat badan Anda dapat turun, jangan lupa juga untuk memberikan hadiah kepada diri Anda sebagai bentuk apresiasi terhadap kerja keras Anda selama ini. 

0 Komentar

Belum ada komentar