Sukses

Tingkatkan Metabolisme dengan 7 Cara Ini

Hal yang terpenting untuk menargetkan penurunan berat badan adalah dengan meningkatkan metabolisme tubuh.

Slim & Fit

KlikDokter.com – Tahukah Anda bahwa metabolisme dapat mempengaruhi program diet Anda? Jika metabolisme Anda melambat, Anda pun akan semakin sulit untuk menurunkan berat badan. Namun, apa itu metabolisme?

Metabolisme adalah proses pemecahan zat-zat gizi di dalam tubuh untuk menghasilkan energi atau pembentukan struktur tubuh. Zat gizi tersebut dapat berupa karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral.

Tingkat metabolisme dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti genetik, jenis kelamin, usia, kadar hormon, berat badan, dan aktivitas tubuh.

Semakin cepat metabolisme tubuh, semakin banyak kalori yang dibakar, semakin mudah menurunkan berat badan.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh ideal yang Anda inginkan pun bisa lebih cepat tercapai, selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

Tingkatkan Metabolisme dengan 7 Cara Ini

Slim & Fit

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh ideal yang Anda inginkan pun bisa lebih cepat tercapai:

1. Membentuk Otot

Tubuh Anda selalu secara konsisten membakar kalori, bahkan ketika Anda sedang tidak mengerjakan apa pun. Kecepatan metabolisme tubuh berbeda-beda setiap orang dan lebih tinggi pada orang yang memiliki massa otot lebih banyak. Setiap 1 kg massa otot menggunakan 12 kalori per hari, sedangkan setiap 1 kg lemak hanya membakar sekitar 4 kalori per hari.

2. Meningkatkan Olahraga

Olahraga aerobik mungkin tidak akan membentuk otot yang besar, namun dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda berjam-jam setelah berolahraga. Olahraga intensitas tinggi akan meningkatkan kecepatan metabolisme dibandingkan dengan olahraga intensitas rendah atau sedang.

3. Makan Camilan

Ketika Anda makan dalam porsi besar dan jarang, metabolisme tubuh Anda akan melambat di antara jeda makan tersebut. Namun jika Anda makan camilan atau makan porsi kecil setiap 3-4 jam, akan membantu menjaga kestabilan metabolisme Anda. Sehingga kalori yang Anda bakar dalam sehari pun akan lebih banyak.

4. Menambahkan Rasa Pedas pada Makanan

Makan apa pun, mulai dari kentang goreng hingga ayam bakar paling enak tentu jika ditambahkan sambal. Namun tahukah Anda jika sambal atau makanan pedas ternyata bisa meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh, walaupun efeknya hanya bersifat sementara.

5. Memperbanyak Protein

Tubuh Anda akan membakar kalori lebih banyak sewaktu mencerna protein dibandingkan lemak dan karbohidrat. Cobalah untuk mengganti karbohidrat Anda dengan makanan tinggi protein namun rendah lemak seperti daging ayam, ikan, tahu, kacang-kacangan, telur dan produk olahan susu yang rendah lemak.

6. Minum Teh Hijau

Teh hijau mengandung kafein dan katekin yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh selama beberapa jam. Studi menunjukkan bahwa minum teh hijau 2-4 gelas sehari dapat membakar kalori 17% lebih banyak sewaktu berolahraga.

7. Menghindari Diet Ketat

Diet ketat atau terlalu rendah kalori (<1200 kalori untuk wanita atau <1800 kalori untuk pria) per hari dapat memperlambat metabolisme tubuh Anda. Sewaktu Anda sedang berdiet, Anda mungkin akan kehilangan beberapa kilogram. Namun karena Anda juga kehilangan massa otot, maka metabolisme Anda akan melambat dan Anda pun akan mengalami peningkatan berat badan lebih cepat setelah usai berdiet. 

0 Komentar

Belum ada komentar