HomeIbu Dan anakKehamilan5 Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan
Kehamilan

5 Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

dr. Nadia Octavia, 05 Agt 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jangan khawatir, ada banyak cara untuk mengembalikan berat badan ideal Anda pasca melahirkan. Temukan jawabannya di sini bersama dr. Nadia Octavia.

5 Cara Menurunkan Berat Badan  Setelah Melahirkan

KlikDokter.com – Menurunkan kembali berat badan setelah melahirkan merupakan tantangan besar bagi setiap wanita. Siapa sih yang tidak ingin tubuhnya kembali seperti semula? Yang terpenting, Anda melakukannya dengan langkah yang benar, bukannya cara yang instan namun bisa membahayakan kesehatan atau mempengaruhi produksi ASI. Berikut penjelasan lengkapnya:

Jangan Berdiet

Jika Anda baru saja melahirkan dan sedang menyusui, hindari menurunkan berat badan dengan cara berdiet. Terutama kurang dari 1800 kalori per hari. Dibandingkan berdiet, cobalah untuk makan makanan dengan gizi seimbang. Jika Anda sedang lapar dan ingin makan sesuatu, pilihlah cemilan yang sehat seperti buah potong segar, biskuit gandum atau yoghurt rendah lemak.

ASI

Meskipun pengaruh ASI untuk menurunkan berat badan masih diperdebatkan, namun beberapa studi membuktikan bahwa pemberian ASI secara eksklusif dapat membantu menurunkan berat badan setelah melahirkan lebih cepat dibandingkan dengan yang tidak. ASI juga memberikan manfaat bagi bayi Anda, contohnya untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Berikut kiat lainnya untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan, selengkapnya di halaman berikutnya.

Minum Air yang Cukup

Minum air putih yang cukup sepanjang hari dapat membuat Anda terhindar dari dehidrasi. Selain itu, nilai tambahnya adalah perut Anda menjadi lebih cepat penuh sehingga Anda tidak akan makan terlalu banyak. Anda dapat mengetahui apakah Anda cukup minum dengan melihat warna feses Anda. Jika warnanya sudah jernih, berarti Anda sudah minum dengan cukup.

Perbanyak Aktivitas Fisik

Menjaga pola makan memang penting. Namun jika tidak disertai dengan olahraga yang teratur, maka hasilnya akan kurang efektif. Selain dapat membantu membakar kalori dan menjaga tulang dan otot Anda tetap kuat, olahraga juga membantu Anda untuk terhindar dari stres dan depresi yang sering kali dialami oleh wanita setelah melahirkan atau dikenal dengan baby blues syndrome. Anda tidak perlu langsung berolahraga di pusat kebugaran, mulailah dengan olahraga ringan seperti berjalan cepat sambil mendorong kereta bayi Anda. Sebelum Anda memulai olahraga apa pun, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda.

Artikel lainnya: Perubahan pada Tubuh Setelah Melahirkan Anak Kembar

Tidur yang Cukup

Mungkin terdengar agak mustahil untuk tidur penuh 8 jam sehari ketika Anda memiliki bayi baru lahir. Rasanya pagi menjadi malam dan malam menjadi pagi, hingga Anda tak tahu lagi saat ini pukul berapa. Pada suatu penelitian menunjukkan bahwa ibu yang tidur kurang dari 5 jam sehari memiliki kecenderungan untuk memiliki berat badan berlebih dibandingkan dengan ibu yang tidur cukup 7-8 jam sehari. Ketika Anda kelelahan, tubuh Anda akan mengeluarkan hormon kortisol dan hormon stres lainnya yang dapat memicu peningkatan berat badan.

Apabila kamu masih memiliki pertanyaan mengenai topik lainnya, jangan ragu untuk menggunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

Gaya Hidup SehatCara Mengendalikan KolesterolKolesterol Tinggi BahayaKolesterol Tinggi

Konsultasi Dokter Terkait