Sukses

4 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kolesterol Baik

Turunkan kolesterol dengan empat makanan sehat ini!

KlikDokter.com - Kolesterol HDL (high-density lipoprotein) merupakan kolesterol “baik”. Menurut Asosiasi Jantung Amerika, HDL mampu membantu membuang kolesterol LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol “buruk” dari darah dan membawa mereka kembali ke hati untuk diproses dan dibuang.

Kolesterol HDL juga dapat mencegah timbunan plak dari kolesterol LDL dalam arteri, yang dapat menyebabkan penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

The American Council on Exercise merekomendasikan bagi individu untuk memiliki tingkat HDL di atas 60 mg per desiliter. Tingkat HDL di bawah 40 mg per desiliter dianggap sebagai faktor risiko untuk penyakit jantung.

Ada banyak cara untuk meningkatkan tingkat HDL, yakni dengan mengonsumsi makanan seperti yang dipaparkan selengkapnya di halaman berikutnya:

1 dari 2 halaman

4 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kolesterol Baik

Nutrive Benecol

  1. Ikan

Lemak ikan salmon, tuna, dan makerel memiliki tingkat omega-3 yang kaya akan kolesterol HDL. Konsumsilah 2-3 porsi seminggu untuk hasil yang signifikan. Jika Anda bukan pencinta ikan, maka suplemen minyak ikan juga bisa Anda konsumsi.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mentah seperti almon, kenari dan kacang mete kaya akan lemak tak jenuh ganda. Jika ingin hasil terbaik, makanlah secara mentah dan bukan dipanggang atau dimasak, karena proses memasak dapat menghilangkan beberapa nutrisi. Hindari kacang asin karena kadar natriumnya yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah.

  1. Serat Larut

Makanan yang kaya akan serat larut termasuk buah-buahan seperti apel, pir dan plum dengan kulit. Biji-bijian, oatmeal, dan kacang adalah sumber lain dari serat larut. Rata-rata orang dewasa harus mengonsumsi untuk setidaknya 20 g serat larut dalam diet mereka sehari-hari.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan antioksidan yang bisa membantu menurunkan LDL dan kadar kolesterol HDL. The Food and Drug Administration merekomendasikan konsumsi minyak zaitun sebanyak 2 sdm atau 23 g per hari untuk mendapatkan manfaat kesehatan. 

0 Komentar

Belum ada komentar