Sukses

Inilah Makanan Terbaik untuk Perkembangan Otak Anak

Karena pekerjaan otak anak sangat berat dan kompleks, pastikan Anda memberikan asupan makanan yang menunjang hal tersebut.

KlikDokter.com - Berikanlah nutrisi terbaik untuk perkembangan otak anak sedari dini. Tiga tahun pertama kehidupan anak Anda adalah periode emas untuk pertumbuhan otaknya. Pada masa ini, otak anak berkembang dengan pesat dan sangat aktif menyerap berbagai informasi dari lingkungannya.

Karena pekerjaan otak anak sangat berat dan kompleks, pastikan Anda memberikan asupan makanan yang menunjang hal tersebut. Apa yang anak Anda konsumsi akan mempengaruhi fokus dan kemampuan kognitifnya. Waktu makan bagi anak sama pentingnya seperti waktu belajar dan bermain.

Berikut adalah jenis-jenis makanan terbaik yang dapat menutrisi perkembangan otak buah hati Anda:

Telur

Telur kaya akan protein dan mengandung kolin, omega-3, seng, dan lutein yang membantu anak berkonsentrasi lebih baik.

Anda dapat menyajikan telur dengan berbagai cara, orak-arik, mata sapi, dadar, atau dicampur dengan bahan makanan lainnya.

Yoghurt

Kandungan lemak dan protein dalam yoghurt baik untuk pembuatan selubung sel saraf pada otak yang berperan menerima dan mengirimkan informasi.

Anda dapat memilih yoghurt rasa buah yang akan disukai anak atau menyajikan yoghurt tawar dengan buah-buahan segar.

Halaman selanjutnya jenis makanan lainnya selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Inilah Makanan Terbaik untuk Perkembangan Otak Anak

Morinaga Alergi

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, buncis, kubis, dan lain-lain kaya akan asam folat dan berbagai vitamin lainnya. Nutrisi tersebut penting untuk memperkuat memori dan mencegah demensia pada masa tua.

Agar disukai anak, Anda dapat menyajikan sayuran bersama dengan makanan lain, seperti bakso, telur, pizza, dan lain-lain.

Kembang Kol Ungu

Sayur ini rendah lemak namun kaya akan serat, asam folat, dan vitamin B6 yang membantu pengaturan emosi, memori, dan fokus.

Anda dapat menyajikannya sebagai salad atau menghaluskannya untuk dijadikan sebagai saus.

Ikan

Ikan kaya akan vitamin D dan omega-3, yang berfungsi melindungi otak dari penurunan kemampuan kognitif dan demensia. Beberapa jenis ikan yang dapat Anda pilih adalah salmon, tuna, dan sarden.

Anda dapat mengolahnya dengan berbagai cara, seperti menggoreng, menumis, dan memanggangnya.

Daging Rendah Lemak

Lemak dalam daging dapat menyimpan pestisida atau antibiotik yang biasanya ikut terserap ke dalam daging hewan. Oleh karena itu, pilihlah daging yang memiliki sedikit lemak, karena zat-zat tersebut dapat berbahaya bagi otak.

Kacang dan Biji-Bijian

Makanan ini kaya akan protein, asam lemak esensial, vitamin, dan mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan otak. Ada banyak pilihan untuk disajikan kepada sang buah hati, seperti kacang tanah, kacang almond, kacang kedelai, kacang merah, dan lain-lain.

Oatmeal

Dengan kandungan protein dan serat, makanan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan memori anak. Selain itu, oatmeal juga dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Anda dapat menyajikan oatmeal dengan susu dan buah-buahan untuk rasa yang lebih nikmat.

Apel

Apel kaya akan serat larut yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Selain itu, buah merah ini juga kaya akan antioksidan yang dapat memerangi penurunan kemampuan kognitif.

Sajikan apel sebagai kudapan sehat untuk buah hati Anda.

Kunyit

Kurkuma yang terkandung dalam kunyit dapat membantu pertumbuhan otak. Selain itu, kurkuma juga mencegah terjadinya peradangan dan perkembangan penyakit Alzheimer.

Buah Beri

Buah-buahan seperti stroberi, rasberi, blueberry, dan blackberry kaya akan antioksidan yang melindungi selubung sel saraf dari kerusakan. Anda dapat menyajikannya dalam bentuk smoothie atau dicampur dengan oatmeal dan yoghurt. 

0 Komentar

Belum ada komentar