Kesehatan Anak

Menyusui Turunkan Risiko Alergi Anak

dr. Karin Wiradarma, 31 Jul 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ada berjuta manfaat ASI untuk anak, salah satunya adalah menurunkan risiko alergi.

Menyusui Turunkan Risiko Alergi Anak

KlikDokter.com - ASI adalah makanan terbaik bagi bayi. Karena begitu banyaknya manfaat ASI baik untuk ibu maupun bayi, para ibu dianjurkan untuk menyusui bayinya secara eksklusif minimal selama enam bulan.

Di samping sebagai sumber nutrisi terbaik, ASI sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan anak, melindungi anak dari infeksi kuman, serta meningkatkan kepintaran  dan kemampuan psikologisnya. Tidak hanya untuk sang buah hati, ASI juga berguna bagi ibu, yaitu menurunkan level stres dan risiko baby blues syndrome. Semakin lama Anda menyusui, semakin besar pula Anda mendapat perlindungan dari kanker payudara dan ovarium.

Selain semua manfaat di atas, bayi yang disusui ASI juga memiliki risiko lebih rendah untuk terkena alergi dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkannya. Kemampuan ASI untuk menurunkan risiko dermatitis atopik (eksim) pada anak telah diteliti sejak 75 tahun yang lalu.

Anak-anak yang lahir pada keluarga dengan riwayat alergi – seperti dermatitis atopik dan asma – berisiko lebih besar untuk memiliki alergi pada kemudian hari, yaitu antara 50-80% (jika dibandingkan dengan anak yang tidak memiliki riwayat alergi dalam keluarga). Risiko ini akan meningkat jika kedua orangtua memiliki alergi.

Lalu apa yang membuat ASI menjadi kunci manfaat penurun risiko alergi pada anak? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya.

ASI mengandung faktor imunitas IgA yang membentuk lapisan pelindung pada dinding saluran pencernaan bayi. Lapisan tersebut akan melindungi usus dari peradangan, infeksi, dan alergi. Bayi yang tidak mendapatkan ASI otomatis tidak memiliki lapisan pelindung tersebut, sehingga berisiko lebih tinggi untuk terkena alergi, infeksi, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, para ibu dianjurkan untuk memberikan ASI eksklusif selama enam bulan untuk menurunkan risiko asma, eksim, dan alergi makanan pada sang buah hati.

Selama Anda menyusui Si Kecil, Anda tidak perlu memantang makanan-makanan tertentu jika anak Anda tidak terbukti alergi. Lain halnya jika Si Kecil sudah terbukti alergi dengan suatu makanan, itu berarti Anda harus memantang makanan tersebut selama Anda menyusui anak Anda. 

Alergi Susu Sapisusu formulaSerba-Serbi Alergi AnakAnak MencretSusu Soyaalergi susu

Konsultasi Dokter Terkait