Sukses

Makanan Terbaik untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Selain pendidikan yang baik, makanan yang sehat dan bergizi merupakan dasar dari tumbuh kembang anak yang optimal.

KlikDokter.com - Si Kecil yang sedang aktif bermain dan belajar membutuhkan dukungan nutrisi yang lengkap untuk menunjang tumbuh kembang yang optimal. Oleh karena itu, Anda harus mencermati menu makanan yang akan disajikan kepada buah hati.

Apakah makanan yang disajikan sehat dan bergizi ataukah hanya kalori kosong yang sekadar mengenyangkan?

Makanan cepat saji lebih merugikan bagi anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa, karena makanan tersebut akan membuat Si Kecil merasa kenyang tanpa mendapatkan zat gizi yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan fisik, kognitif, dan mentalnya.

Oleh karena itu, penting bagi setiap orangtua mengetahui jenis makanan yang terbaik bagi buah hati Anda. Penjelasan selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 dari 3 halaman

Makanan Terbaik untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Morinaga Alergi

Berikut asupan utama yang dibutuhkan Si Kecil untuk masa tumbuh kembangnya:

  1. Daging

Daging adalah sumber yang baik untuk protein, vitamin, dan mineral, terutama zat besi, seng, dan vitamin B12. Anda bisa menjatuhkan pilihan pada daging rendah lemak dan ayam tanpa kulit, terutama jika Si Kecil termasuk berbadan “subur”. Namun Anda perlu mengurangi konsumsi jeroan dan daging olahan, seperti sosis, ham, dan bacon.

  1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, brokoli, kangkung, dan sawi kaya akan  serat serta kadar vitamin dan mineral yang tinggi, yaitu zat besi, kalsium, dan asam folat.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kedelai, almon, pistacio, dan lain-lain merupakan sumber lemak baik yang baik (omega-3 dan omega-6) untuk tubuh, terutama jantung. Selain itu, kudapan sehat ini juga mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin E, fosfor, selenium, dan mangan.

  1. Yoghurt

Yoghurt dapat mulai diperkenalkan kepada anak yang berusia satu tahun ke atas. Selain bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta kesehatan jantung dan otak, yoghurt juga merupakan sumber yang baik untuk kalsium dan vitamin D – yang penting bagi kesehatan tulang dan gigi. Di samping itu, bakteri baik dalam produk fermentasi susu ini juga berfungsi untuk memelihara kesehatan saluran pencernaan.

  1. Buah-buahan

Buah-buahan seperti blueberry, alpukat, dan jeruk mandarin sangat kaya akan berbagai zat gizi yang diperlukan Si Kecil. Blueberry mengandung flavonoid yang baik untuk mata, otak, dan saluran kemih. Alpukat kaya akan lemak tidak jenuh yang menyehatkan. Telah diteliti bahwa kandungan lemak pada buah ini hampir mirip dengan komposisi lemak pada ASI. Karena mengandung kalori yang tinggi, alpukat juga cocok untuk dijadikan menu sehari-hari bagi Si Kecil yang berat badannya masih kurang. Jeruk mandarin kaya akan vitamin C dan antioksidan, sehingga cocok untuk dijadikan kudapan favorit.

Namun demikian, ada pula makanan dan minuman yang perlu dibatasi konsumsinya, seperti contohnya yang terdapat di halaman selanjutnya selengkapnya:

2 dari 3 halaman

Makanan Terbaik untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Morinaga Alergi

Namun demikian, ada pula makanan dan minuman yang perlu dibatasi konsumsinya, seperti:

  1. Minuman Soda

Minuman ini tidak menawarkan zat gizi yang berguna bagi tumbuh kembang Si Kecil Sebaliknya, kandungan gula yang tinggi justru dapat membuatnya kelebihan berat badan, merusak gigi, dan meningkatkan risiko penyakit metabolik (seperti diabetes, darah tinggi, dan lain-lain) pada kemudian hari.

  1. Jus

Jus memang terbuat dari buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral, namun serat yang terkandung dalam buah tersebut sebagian besar akan hilang pada proses pembuatan jus, dan yang tertinggal adalah kandungan gula yang cukup tinggi. Ketimbang menyajikan jus kepada Si Kecil, berikanlah buah yang sudah dilembutkan atau buah potong.

  1. Biskuit

Biskuit mungkin merupakan salah satu kudapan favorit Si Kecil, karena rasanya yang asin atau manis. Namun berhati-hatilah, terlalu banyak mengonsumsi biskuit dapat membuat Si Kecil kenyang dengan kalori kosong dan tidak sanggup lagi menyantap makanan utama yang kaya akan zat gizi. Ketimbang biskuit, Anda dapat memilih buah potong sebagai kudapan sehat.

  1. Makanan olahan

Makanan seperti daging, sosis, dan bakso “tinggal goreng” ini memang praktis, mengenyangkan, dan disukai anak-anak. Namun, semakin banyak proses yang dialami oleh bahan makanan tersebut, maka semakin banyak pula zat gizinya yang hilang. Selain itu, Anda perlu waspada juga akan bahan pengawet yang umumnya ditambahkan pada jenis makanan ini.

0 Komentar

Belum ada komentar