Sukses

Harus Menyikat Gigi Setelah Makan?

Harus Menyikat Gigi Setelah Makan? Anjuran untuk menyikat gigi dua kali sehari sudah diketahui dan dilakukan banyak orang

Tentu saja setiap orang ingin memiliki gigi yang sehat dan kuat. Cara terbaik dalam memelihara kesehatan gigi adalah dengan menjaga kebersihannya. Kebersihan gigi ini dapat dicapai dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari, yakni pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

Jadi, apakah menyikat gigi saat mandi pagi merupakan kebiasaan yang kurang tepat? Ya, betul. Sayangnya, masih banyak sekali orang yang melakukan kebiasaan tersebut. Padahal, kesalahan dalam waktu penyikatan gigi tidak hanya menyebabkan kebersihan rongga mulut tidak maksimal, namun juga berisiko terhadap gigi berlubang.

Selain itu, ada satu kebiasaan lain yang juga dapat membahayakan kesehatan gigi yaitu menyikat gigi sesaat setelah makan makanan yang asam dan minuman bersoda.

Jenis makanan dan minuman dengan kadar asam yang tinggi dapat melemahkan email gigi. Nah, penyikatan gigi yang dilakukan pada saat email melemah — yang diakibatkan oleh makanan dan minuman yang mengandung asam — akan membuat lapisan email Anda hilang.

Pada halaman berikutnya akan kami jelaskan cara menyikat gigi yang benar. Silakan klik next untuk melanjutkan.

1 dari 2 halaman

Harus Menyikat Gigi Setelah Makan?

Kondisi tersebut dapat membahayakan kesehatan gigi yang berujung pada keadaan gigi sensitif. Maka sebaiknya tunggu beberapa saat yakni 30 menit hingga satu jam setelahnya, atau bisa juga dilakukan sebelum makan bila memang perlu.

Selain menghindari kebiasaan-kebiasaan yang salah dalam menyikat gigi, yang juga perlu di perhatikan adalah cara menyikat gigi.

Berikut adalah cara-cara menyikat gigi yang dianjurkan:

  • Sikatlah gigi dengan gerakan vertical dari atas kebawah (dari gusi ke gigi) dan melingkar, bukan dari sisi ke sisi atau horizontal
  • Gunakan bulu sikat yang medium atau lembut
  • Sikatlah gigi selama 2-3 menit
  • Gunakan sikat gigi yang ukurannya sesuai dengan mulut dengan ujung kepala mengecil

Bila setiap hari kita mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, sikat gigi setelah makan akan sangat membantu untuk menghilangkan sisa-sisa makanan, gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride dan yang mengandung bahan-bahan yang dipercaya mampu menjaga kesehatan gusi, yaitu: Vitamin E, bahan antioksidan yang mampu mencegah peradangan; Zinc-Citrate, memiliki daya kerja ekstra dalam membunuh kuman sehingga memberikan perlindungan terhadap bakteri dan plak penyebab penyakit gusi; serta Microgranules yang dapat membersihkan sela-sela gigi 94% lebih bersih dibanding pasta gigi biasa.

0 Komentar

Belum ada komentar