Sukses

5 Makanan Tinggi Kolesterol

5 Makanan Tinggi Kolesterol. Berikut ini dr. M. Anwar Irzan berbagi info menu yang harus diwaspadai berkolesterol tinggi.

KlikDokter.com - Kolesterol diproduksi oleh tubuh dengan porsi yang tepat, kolesterol berfungsi untuk melakukan pembangunan pembentuk dinding sel, membuat asam empedu untuk mengemulsikan lemak, untuk membuat vitamin D serta beberapa fungsi lain.

Ketika kolesterol dalam kadar berlebihan, dapat menyebabkan tumpukan plak yang dapat menghambat aliran darah sehingga menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Seseorang yang mempunyai kolesterol tinggi harus selalu menjaga pola hidup yang sehat. Karena upaya tersebut untuk bertujuan menurunkan tingkat kolesterolnya. Penurunan kolesterol dapat dilakukan dengan beberapa langkah, yakni:

  • makan-makanan rendah lemak dan berserat,
  • olahraga
  • konsumsi buah-buahan yang dapat membantu penurunan kolesterol.

Bagi seseorang yang mempunyai kolesterol tinggi, maka pantang makan makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Karena menu tersebut dapat menyebabkan serangan jantung ataupun stroke.

Untuk mudahnya, berikut ini daftar makanan kolesterol tinggi yang wajib Anda hindari.

Klik ‘next’ untuk membaca lanjutan artikelnya.

1 dari 2 halaman

5 Makanan Tinggi Kolesterol

 

Nutrive Benecol

Makanan Pantangan Penderita Kolesterol Tinggi

  1. Cumi – cumi mengandung 1170 mg/10 gr
  2. Kuning telur ayam mengandung 2000 mg/ 10 gr
  3. Otak sapi mengandung 2300 mg/10 gr
  4. Telur burung puyuh mengandung 3640 mg/10 gr
  5. Jeroan kambing mengandung 610 mg/10 gr

Makanan diatas berbahaya ketika dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi yaitu jeroan sapi, babi, kerang, coklat, susu sapi, serta makanan bersantan. Anda perlu menjaga kolesterol tetap normal karena kolesterol tinggi akan berakibat fatal. Penyakit jantung dan stroke merupakan beberapa penyakit yang diakibatkan oleh kolesterol tinggi.

Kolesterol yang normal adalah kolesterol dengan nilai kurang dari atau sama dengan 200 mg/dl, tingkat kolesterol yang diwaspadai yaitu dengan jangkauan 200-239 mg/dl dan kolesterol lebih dari 239 mg/dl merupakan klasifikasi tingkat kolesterol yang berbahaya. 

0 Komentar

Belum ada komentar