Sukses

6 Gejala Kolesterol Tinggi

6 Gejala Kolesterol Tinggi. Ketahuilah, ada beberapa tanda di tubuh yang sudah perlu Anda waspadai sebagai tanda bahaya kolesterol tinggi. Berikut penjelasan selengkapnya dr. M. Anwar Irzan di sini.

KlikDokter.com – Kolesterol dalam tubuh bisa dideteksi dengan pemeriksaan darah sederhana, hal tersebut bisa dilakukan setelah berpuasa 10 hingga 12 jam. Pada dasarnya kolesterol dibutuhkan tubuh, sebagai sumber energi maupun sumber pembentukan hormon. Jika kadar kolesterol tinggi, dan akhirnya timbul plak di jantung dan otak yang sangat berbahaya. Namun kita dapat waspada jika beberapa gejala tingginya kolesterol berikut ini timbul:

1. Rasa Berat di Tengkuk dan Pegal di Pundak

hal ini karena suplai darah dan oksigen terhambat akibat penumpukan plak pada pembuluh darah

2. Sering Sakit Kepala

Karena adanya peningkatan kolesterol menjadikan arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah). Aliran darah yang mengalir ke otak terhambat

3. Cepat Mengantuk

Karena kolesterol menyempitkan pembuluh darah dan terkadang menutup pembuluh darah, aliran darah yang membawa oksigen ke otak terhambat sehingga seseorang cepat mengantuk. Jika Anda sering merasakan 3L yakni lemah, letih dan lesu, ada baiknya Anda segera memeriksa kadar kolesterol tubuh Anda.

Klik ‘next’ untuk membaca lanjutan artikelnya.

1 dari 2 halaman

6 Gejala Kolesterol Tinggi

Nutrive Benecol

4. Mudah Lelah

Orang yang mengalami kolesterol tinggi sistem vital tubuhnya terganggu sehingga mudah lelah. Apakah Anda sering bangun tidur dan terasa masih capek seharian? Jika Anda berusia di atas 30 tahun dan sering mengalami gejala ini segeralah periksa kesehatan Anda secara rinci.

5. Kesemutan

ini terjadi karena aliran darah menggumpal dan tidak lancar di bagian ektremitas, baik ekstremitas atas (tangan) maupun ekstremitas bawah (kaki).

6. Xanthelasma

Penderita kolesterol tinggi yang kronis juga menderita Xanthelasma (endapan kolesterol berbentuk noda kuning muda di tengah atau di ujung kelopak mata), xanthoma (benjolan padat pada tendon siku, tumit, atau lutut).

Tentu gejala di atas hanyalah pertanda yang perlu diperiksa secara medis untuk melihat hasil akuratnya. Tetapi bagi Anda yang merasa mengalami gejala di atas maka segera ubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar