Sukses

Baca Ini untuk Meningkatkan Kesuburan

Baca Ini untuk Meningkatkan Kesuburan. Tak dimungkiri, salah satu syarat agar cepat hamil adalah dengan memiliki kesuburan yang baik. Baca cara-cara untuk meningkatkan kesuburan di sini.

KlikDokter.com – Sering kali impian pasangan suami-istri untuk memperoleh momongan harus tertunda akibat ketidaksuburan atau infertilitas. Tercatat 48,5 juta pasangan di dunia mengalami keluhan infertilitas. Diagnosis infertilitas ditegakkan apabila tidak berhasil mencapai kehamilan setelah 12 bulan atau lebih melakukan hubungan seksual secara teratur tanpa menggunakan alat kontrasepsi.

Bagi kebanyakan pasangan yang baru menikah, segera memiliki keturunan merupakan salah satu tahapan yang ingin diraih. Usaha-usaha untuk meningkatkan kemungkinan terjadinya pembuahan bisa dilakukan, seperti melakukan hubungan seksual di sekitar masa subur. Masa subur adalah masa ketika telah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur), yang biasanya terjadi kurang lebih 14 hari setelah hari pertama haid .

Berbagai mitos mengenai kesuburan berkembang di dalam masyarakat. Salah satunya mengatakan bahwa wanita adalah satu-satunya penyebab terjadinya ketidaksuburan. Hal ini salah besar. Agarwal dkk. menjelaskan bahwa 20%-30% penyebab pada kasus infertilitas disebabkan oleh pria.

Klik ‘next’ untuk membaca lanjutan artikelnya.

1 dari 3 halaman

Baca Ini untuk Meningkatkan Kesuburan

Prenagen

Kesuburan pria dan wanita dianggap sangat penting untuk mendapatkan kehamilan, atau agar wanita cepat hamil. Untuk menjaga kesuburan, Anda dan pasangan dapat melakukan berbagai cara misalnya menjauhi kebiasaan merokok, menjaga berat badan tetap ideal, bahkan pikiran yang tenang dan positif juga ikut berpengaruh. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Menghindari Penyakit Menular Seksual

Penyakit menular seksual dapat merusak tuba fallopi seorang wanita, yang mengakibatkan sulit menjadi hamil.

2. Menjauhi Kebiasaan Merokok

Whitcomb dkk. mengatakan bahwa merokok dapat mempengaruhi sistem reproduksi dan menyebabkan:

  • Siklus menstruasi yang tidak teratur.
  • Ukuran folikel sel telur menjadi lebih kecil, sehingga tidak siap dibuahi.
  • Menopause dini.
  • Pembuahan yang terlambat.

Klik ‘next’ untuk membaca lanjutan artikelnya.

2 dari 3 halaman

Baca Ini untuk Meningkatkan Kesuburan

Prenagen

4. Menjaga Berat Badan yang Ideal

Berat badan berlebih dan berat badan kurang dapat menyebabkan ketidaksuburan. Berat badan berlebih bisa menyebabkan polycystic ovarian syndrome (PCOS) atau gangguan keseimbangan kadar hormonal, sedangkan berat badan kurang bisa menyebabkan kelainan fungsi sel telur.

5. Berhenti Minum Alkohol

Alkohol dapat merusak sperma pria. Sebuah studi kasus menyebutkan bahwa seorang pria dengan azospermia memiliki sperma normal setelah 3 bulan berhenti mengonsumsi alkohol.

6. Berpikir Positif

Stres psikologis justru akan memperberat kondisi Anda. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nakamura, Sheps dan Arck menyebutkan bahwa kesuburan merupakan interaksi dari berbagai faktor (salah satunya adalah stres psikologis). Tetaplah berpikir tenang dan positif. Apabila berbagai cara belum juga membuahkan hasil, tidak jarang banyak pasangan akhirnya menempuh jalan inseminasi buatan dan bayi tabung. 

0 Komentar

Belum ada komentar