Sukses

10 Ide Liburan Bermanfaat Bagi Si Kecil

10 Ide Liburan Bermanfaat Bagi Si Kecil. Bunda dan Ayah bingung bagaimana mengisi waktu liburan sekolah Si Kecil dengan kegiatan yang seru namun bermanfaat?

KlikDokter.com - Liburan sekolah kini telah tiba. Si Kecil tentunya sangat gembira dan berharap dapat mengisi masa liburan ini dengan berbagai kegiatan yang seru dan menyenangkan.

Liburan tidak melulu harus diisi dengan bepergian ke luar negeri, luar kota, atau pusat perbelanjaan yang umumnya menghabiskan biaya yang tak sedikit. Sebagian orangtua pun kerap mengeluh karena harus merogoh kocek dalam-dalam selama masa liburan, apalagi perekonomian semakin sulit dengan melambungnya harga bahan kebutuhan pokok.

Bunda tidak perlu bingung. Berikut akan dibahas beberapa ide kegiatan liburan agar Bunda tetap dapat menyenangkan Si Kecil tanpa memberatkan kantong, ditambah mendapat bonus pelajaran yang bermanfaat.

Klik ‘next’ untuk membaca lanjutan artikelnya.

1 dari 3 halaman

10 Ide Liburan Bermanfaat Bagi Si Kecil

Morinaga Platinum

1. Memasak bersama

Ajaklah Si Kecil untuk menjadi “asisten koki” dengan membantu Bunda menyiapkan makanan. Untuk anak yang masih kecil, berikanlah ia tugas menyiapkan bahan-bahan makanan seperti bumbu, sayur, daging, dan lain-lain. Sementara itu, anak yang lebih besar dapat membantu memotong sayur dan daging.

2. Berkebun

Anak-anak umumnya senang bermain di ruang terbuka. Ajaklah ia untuk menanam bunga, menyapu rumput dan daun yang jatuh, memotong daun atau tangkai yang sudah layu, dan menyiram tanaman. Si Kecil juga dapat mengenal nama-nama pohon, tanaman, dan bunga. Di akhir “acara”, Bunda dapat mengadakan permainan mencari kertas warna-warni yang telah disembunyikan di halaman.

3. Merapikan kamar

Si Kecil dapat berpartisipasi dengan merapikan lemari pakaian, menempel stiker pada dinding atau lemari, merapikan mainan dan boneka, atau bahkan memajang hasil karyanya pada dinding kamar. Dengan melibatkannya dalam kegiatan ini, diharapkan ke depannya ia akan merapikan kamarnya dengan kesadaran sendiri.

4. Piknik di halaman

Jika Bunda memiliki halaman dengan luas yang memadai, sekali-kali cobalah untuk berpiknik di halaman. Gelar tikar dan siapkan makanan di dalam kotak bekal. Ingin mencoba hal yang lebih seru? Anda dapat mendirikan tenda di halaman agar Si Kecil benar-benar merasakan sensasi berpiknik di alam terbuka. Sebagai makanannya, gelarlah acara barbecue di depan tenda.

Klik ‘next’ untuk membaca lanjutan artikelnya.

2 dari 3 halaman

10 Ide Liburan Bermanfaat Bagi Si Kecil

Morinaga Platinum

5. Kerajinan tangan

Hal ini umumnya akan menarik bagi anak perempuan. Ajarilah ia membuat prakarya sederhana seperti pigura, tempat pensil, dan lain-lain. Untuk anak yang lebih besar, ia dapat belajar menjahit, menyulam, merajut, atau membuat scrapbook dan kartu ucapan.

6. Membersihkan rumah

Anak-anak dapat diajarkan sejak dini untuk turut bertanggung jawab menjaga kebersihan rumah. Dengan melihat teladan dari Bunda dan Ayah, maka Si Kecil niscaya akan bersemangat mengemban tugas yang diberikan kepadanya. Bagilah tugas seperti menyapu, mengepel, mencuci pakaian, mencuci piring, dan lain-lain – yang tentunya sesuai dengan usia dan kemampuan Si Kecil.

7. Berolahraga

Selain menyehatkan, berolahraga bersama dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga. Ajaklah Si Kecil bersepeda, bermain bola, berenang, dan olahraga lain yang ia gemari.

8. Sosialisasi

Buatlah janji temu untuk bermain bersama dengan anak-anak dari teman-teman Bunda ataupun teman-teman Si Kecil. Bisa berkunjung ke rumah teman, mengundang teman bermain di rumah, atau bermain bersama di taman bermain. Bermain dengan teman-teman yang baru akan semakin memperluas pergaulan dan wawasan Si Kecil dan Bunda juga.

9. Kerabat

Berkunjung atau menginap di rumah nenek-kakek, paman-bibi, atau kerabat lainnya dapat mengisi liburan dengan menyenangkan sekaligus mempererat tali silaturahmi.

10. Hobi

Waktu liburan juga dapat diisi untuk mengembangkan hobi yang bermanfaat, misalnya mengikuti kursus menggambar, melukis, bermain alat musik, menyanyi, dan lain-lain.

0 Komentar

Belum ada komentar