Sukses

Makanan Asam Dapat Membuat Gigi Sensitif

Makanan Asam Dapat Membuat Gigi Sensitif. Makanan asambisa menjadi penyebab utama keluhan gigi sensitif Anda

Apakah Anda termasuk pencinta makanan yang rasanya sangat asam? Tidak dapat dimungkiri bahwa makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari ternyata banyak yang mengandung kadar asam yang cukup tinggi.

Dua dari sekian banyak makanan dengan kandungan asam yang cukup tinggi adalah acar dan rujak (yang terdiri dari buah-buahan asam). Ada juga minuman sejenis yaitu jus jeruk, kopi, dan yoghurt. Bila Anda penikmat makanan dan minuman yang telah disebutkan, maka Anda harus berhati-hati terhadap risiko gigi sensitif.

Misalnya saja cuka pada makanan tertentu. Tingkat keasamannya yang tinggi dapat menyebabkan gigi ngilu karena erosi gigi, terutama bila Anda sering mengonsumsinya dalam jumlah besar.

Erosi merupakan suatu kerusakan pada permukaan gigi yang disebabkan oleh proses kimia tanpa melibatkan aktivitas bakteri. Hilangnya email gigi akibat erosi ini akan menimbulkan kondisi gigi sensitif, dengan gejala rasa ngilu yang tajam sesaat.

Gigi ngilu atau gigi sensitif ditimbulkan karena terbukanya lapisan dentin yang berada di bawah lapisan email gigi, serta terbukanya akar gigi yang disebabkan gusi yang mengalami penurunan ke arah ujung akar.

Klik ‘next’ untuk membaca lanjutan artikelnya.

1 dari 2 halaman

Makanan Asam Dapat Membuat Gigi Sensitif

Hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah gigi sensitif adalah mengurangi konsumsi makanan atau minuman dengan kadar asam yang tinggi. Selain itu, berkumurlah setelah makan serta minum air untuk membantu menetralisir. Sikat gigi bisa dilakukan dalam waktu setengah jam setelah makan

Untuk Anda yang telah mengalami gigi sensitif, maka Anda dapat menggunakan pasta gigi khusus dengan kandungan seperti: HAP (hydroxyapatite) mineral dan potassium citrate yang dipercaya mampu mengurangi rasa ngilu pada gigi dalam 30 detik. Selain itu, pastikan pasta gigi Anda memiliki kandungan Zinc Citrate yang mampu menjaga kesehatan gusi dan membantu mencegah resiko terjadinya gigi sensitif di kemudian hari.

Bila masih terdapat keluhan, sebaiknya konsultasikan masalah tersebut ke dokter gigi, karena dikhawatirkan kerusakan pada gigi yang menyebabkan terjadinya gigi sensitif itu sudah cukup parah.

0 Komentar

Belum ada komentar