Sukses

Cegah Kerusakan Gigi dengan Minum Menggunakan Sedotan

Cegah Kerusakan Gigi dengan Minum Menggunakan Sedotan. Mengapa sedotan berguna untuk mencegah kerusakan gigi? Simak penjelasannya di sini.

Tahukah Anda bahwa makanan dan minuman yang sehari-hari Anda konsumsi tidak hanya mempengaruhi kesehatan tubuh secara umum saja, tetapi juga bisa berdampak langsung pada gigi?

Beberapa jenis makanan dan minuman yang berwarna, bersifat asam, mengandung kadar gula yang tinggidapat menyebabkan kerusakan gigi bila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak atau dengan cara yang salah. Salah satu kerusakan yang ditimbulkan adalah terjadinya erosi pada permukaan gigi.

Apa itu erosi gigi?

Erosi merupakan suatu kerusakan pada permukaan gigi yang disebabkan oleh proses kimia tanpa melibatkan aktivitas bakteri. Hilangnya email gigi akibat erosi ini akan menimbulkan kondisi gigi sensitif, dengan gejala rasa ngilu yang tajam sesaat.

1 dari 2 halaman

Cegah Kerusakan Gigi dengan Minum Menggunakan Sedotan

Untuk mencegah terjadinya erosi gigi yang disebabkan oleh makanan dan minuman yang asam, penting sekali untuk mengontrol pola makan Anda. Hindari atau kurangi konsumsi makanan dan minuman tersebut. Ketika Anda minum minuman yang bersifat asam tinggi seperti soda, yoghurt, jus jeruk atau jus buah lainnya yang asam, sebisa mungkin Anda menggunakan sedotan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir paparan minuman tersebut pada permukaan gigi, sehingga kontaknya antara gigi dan cairan asam tersebut tidak terjadi (atau hanya sedikit dan sebentar).

Bila Anda telah mengalami gigi sensitif dengan gejala ngilu, penting bagi Anda untuk merawat kesehatan gigi dengan menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif. Pilihlah yang mengandung bahan khusus HAP mineral dan Potassium Citrate yang dapat membantu mengurangi rasa ngilu dalam 30 detik. Untuk membantu mencegah resiko terjadinya gigi sensitif di kemudian hari, pastikan pasta gigi Anda juga memiliki kandungan Zinc Citrate yang mampu menjaga kesehatan gusi. Namun, bila kondisi ngilu masih berlanjut sebaiknya Anda segera berkonsultasi kepada dokter gigi.

0 Komentar

Belum ada komentar