Sukses

2 Jenis Zat Asam Penyebab Erosi Gigi

2 Jenis Zat Asam Penyebab Erosi Gigi. Memiliki masalah erosi gigi? Kenali penyebabnya bersama drg. Arni Maharani di sini.

Salah satu masalah kesehatan gigi yang banyak ditemukan adalah gigi ngilu. Kondisi ini tidak dapat dibiarkan atau diabaikan karena keadaannya yang cukup mengganggu, terutama ketika kita sedang menikmati makanan atau minuman tertentu. Rasa ngilu yang tajam sesaat akan muncul ketika kita mengonsumsi makanan atau minuman yang panas dan dingin.

Penyebab gigi ngilu atau gigi sensitif terkait oleh beberapa proses yang menimbulkan kerusakan pada lapisan gigi yang menyebabkan hilangnya lapisan email atau sementum gigi. Proses tersebut meliputi:

  • Erosi
  • Atrisi
  • Abrasi
  • Abfraksi

Dari keempat proses penyebab tersebut, erosi merupakan faktor yang sering menjadi pembicaraan karena berhubungan dengan pola makan sehari-hari, penyakit serta kebiasaan seseorang.

Klik ‘next’ untuk membaca lanjutan artikelnya.

1 dari 2 halaman

2 Jenis Zat Asam Penyebab Erosi Gigi

Erosi merupakan suatu kondisi hilangnya jaringan keras gigi akibat proses kimia yang tidak melibatkan bakteri. Proses kimia ini melibatkan suatu zat asam yang cukup kuat dan berkontak dengan permukaan gigi. Ada dua jenis zat asam yang menjadi pemicu erosi gigi, yaitu zat asam yang ekstrinsik (berasal dari luar) dan zat asam intrinsik (dari dalam). Berikut penjelasan lengkapnya:

  • Asam ekstrinsik
    Zat asam ekstrinsik yang menyebabkan erosi gigi berhubungan dengan kebiasaan atau pola makan seseorang. Makanan dan minuman yang mengandung kadar asam cukup tinggi dapat mencetuskan erosi gigi, contohnya jus buah-buahan yang asam (jeruk, apel, dll), minuman bersoda, wine, acar, pempek, serta buah yang sangat asam. Selain itu, konsumsi obat tertentu dalam kurun waktu yang panjang juga bisa memicu erosi gigi.

  • Asam intrinsik
    Ada dua faktor yang menimbulkan zat asam intrinsik yang berupa asam lambung, yakni penyakit dan keadaan psikologis seseorang (misalnya bulimia dan anoreksi nervosa). Penyakit saluran cerna GERD adalah salah satu penyakit yang menyebabkan erosi gigi, karena gangguan yang disebabkan oleh penyakit ini bisa mengakibatkan naiknya cairan lambung yang bersifat asam sampai rongga mulut dan berkontak dengan gigi.

Melihat dari penyebabnya, tentu saja erosi gigi dapat dihindari dengan menghindari pula pencetusnya. Namun bila gigi telah mengalami erosi dan terjadi gejala gigi sensitif seperti ngilu, maka Anda dapat mengatasinya dengan pasta gigi khusus gigi sensitif yang memiliki kandungan Hydroxyapatite (HAP) serta potassium citrate yang mampu meredakan ngilu dalam 30 detik. Selain itu, pastikan pasta gigi yang Anda pilih memiliki kandungan Zinc Citrate yang mampu menjaga kesehatan gusi, sehingga dapat mencegah terjadinya gigi sensitif pada kemudian hari. 

0 Komentar

Belum ada komentar