Sukses

Ini Dampaknya Bila Mengunyah Makanan yang Keras

Ini Dampaknya Bila Mengunyah Makanan yang Keras. Apa saja efek buruk yang ditimbulkan bila Anda mengunyah makanan yang padat serta keras?

Makan merupakan kebutuhan dasar manusia untuk mempertahankan kelansungan hidup. Jenis-jenis makanan yang kita konsumsi setiap hari tentu sangat bervariasi. Sayangnya, terkadang kita tidak memikirkan dampak makanan tersebut bagi tubuh atau bahkan gigi.

Beberapa jenis makanan diketahui memiliki risiko terhadap kesehatan gigi, seperti makanan yang keras, berwarna, mengandung asam dan banyak gula, serta lengket.

Makanan-makanan yang konsistensinya padat dan keras seperti permen, es batu, dan lainnya dapat menyebabkan kerusakan atau keretakan pada lapisan gigi bila Anda memaksakan diri untuk mengunyahnya. Walaupun retakan pada gigi bisa sangat tipis, tetapi hal itu tetap dapat mengiritasi kamar pulpa gigi.

1 dari 2 halaman

Ini Dampaknya Bila Mengunyah Makanan yang Keras

Umumnya, keluhan dan gangguan akan muncul ketika sedang mengunyah, yakni berupa rasa sakit serta tidak nyaman. Selain itu, gigi juga akan menjadi sensitif terhadap suhu yang ekstrim, misalnya suhu makanan dan minuman yang sangat dingin atau sangat panas. Tingkat sensitivitas yang dirasakan bisa ringan atau terjadi terus-menerus.

Kerusakan gigi seperti di atas memerlukan perawatan yang bergantung dari lokasi, seberapa besar dan seberapa dalam kerusakannya.

Perlu Anda waspadai bila Anda mengalami rasa sakit pada saat mengunyah, menggigit atau sensitif terhadap makanan dan minuman yang panas, dingin, asam juga manis. Jika hal itu terjadi, sebaiknya Anda menghindari dulu mengunyah makanan yang keras pada bagian gigi yang mengalami gangguan tersebut, sebelum dipastikan penyebabnya oleh dokter gigi. 

0 Komentar

Belum ada komentar