Sukses

Hidup Sehat Dimulai Dari Sekarang

Jangan tunda sampai gejala penyakit gawat muncul. Karena hidup sehat adalah pencegah dari munculnya penyakit-penyakit gawat bermunculan. Berikut tips dari dr. M. Anwar Irzan selengkapnya.

KlikDokter.com – Lakukanlah pola hidup sehat dari sekarang. Tentu, hidup sehat adalah komitmen jangka panjang, bukan sebuah tren bulanan atau tren tahunan semata. Tapi ada langkah-langkah yang dapat Anda lakukan sekarang guna membuat hari ini lebih sehat dari kemarin, serta membuka jalan untuk hidup sehat selamanya.

Berikut tips hidup sehat praktis yang siap untuk Anda lakukan:

1. Membuat Janji dengan Dokter Anda dan Dokter Gigi

Langkah ini bertujuan untuk memeriksa status kesehatan Anda dengan pemeriksaan rutin dan vaksinasi jika perlu. Selain itu, langkah ini berguna juga untuk mengambil kesempatan bertanya kepada dokter untuk setiap pertanyaan seputar kesehatan.

Berikut adalah kiat memulai hidup sehat lainnya selengkapnya pada halaman berikutnya:

1 dari 2 halaman

Hidup Sehat Dimulai Dari Sekarang

Diabetasol

2. Mengukur Profil Tubuh Anda

Ukurlah profil tinggi dan berat badan untuk memeriksa indeks massa tubuh (IMT) Anda. Sekaligus ukurlah lingkar pinggang untuk mencermati jika terdapat kelebihan berat badan serta ketebalan lemak yang berlebih. Pasalnya, memiliki berat badan berlebih memberikan risiko untuk terkena serangkaian penyakit yang berbahaya.

3. Menilai Aktivitas Anda

Berapa banyak aktivitas fisik yang Anda dapatkan dalam seminggu penuh? Bagaimana intensitas aktivitas itu? Centers of Disease Control, (CDC) Amerika Serikat, merekomendasikan bahwa orang dewasa harus melakukan aktivitas dengan:

  • setidaknya dua setengah jam per minggu dengan aktivitas olahraga aerobik intensitas sedang, atau;
  • satu jam dan 15 menit per minggu untuk olahraga aerobik dengan intensitas yang kuat, ditambah kegiatan penguatan otot setidaknya dua hari per minggu.

4. Membuat Buku Harian Makanan

Tuliskan semua yang Anda makan untuk sehari, dan patokan tidak ada yang Anda lewatkan dalam daftar tersebut. Hal ini penting untuk melakukan evaluasi jangka pendek dan jangka panjang dari kebiasaan makan anda serta dapat dilakukan untuk melihat seberapa banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda.

5. Menjaga Mood dan Perasaan

Hidup sehat termasuk kesehatan emosional dan istirahat yang cukup. Bagaimana suasana hati Anda akhir-akhir ini? Apakah Anda mengalami gejala depresi atau kecemasan? Apakah Anda biasanya tidur nyenyak selama tujuh sampai delapan jam malam? Lakukan penilaian untuk Anda sendiri, kemudian cermati hal-hal yang menyebabkan Anda stres (stressor) dan atasi atau hindarilah sebisa mungkin.

6. Jalin Pergaulan yang Sehat

Seberapa kuat hubungan Anda dengan keluarga dan teman-teman? Apakah Anda berdampingan dengan kelompok-kelompok sosial atau spiritual yang memperkaya kualitas hidup Anda? Peningkatan kualitas hidup sangat terkait dengan siapa yang berada disekitar Anda. Hal ini mempunyai efek langsung terhadap kesejahteraan dan kesehatan mental.

0 Komentar

Belum ada komentar