Sukses

Apa Hubungannya Kalori dengan Berat Badan?

Sebenarnya, apa itu kalori dan bagaimana kaitannya dengan berat badan? Baca penjelasan lengkap dr. Nadia Octavia di sini.

Slim & Fit

KlikDokter.com - Bagi Anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, kalori tentu menjadi suatu kata yang teramat istimewa. Semua makanan dan minuman yang Anda konsumsi, Anda tidak pernah ketinggalan untuk memperhatikan atau menghitung jumlah kalorinya. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai kalori serta kaitannya dengan berat badan:

Apa itu kalori?

Kalori adalah jumlah panas yang dibutuhkan untuk menaikkan 1 kubik sentimeter air sebesar 10C. Kilokalori adalah 1000 kalori, atau panas yang dibutuhkan untuk menaikkan 1 kg air sebesar 10C.

Sumber energi tubuh adalah karbohidrat, lemak, dan protein. Di dalam tubuh kita mengubah sumber energi ini menjadi molekul ATP (adenosine trifosfat), yaitu komponen energi yang berfungsi untuk mengontrol pembakaran "bahan bakar" yang kita bakar – dan kita mengukur energi yang kita butuhkan dalam unit ukuran panas, yakni kalori.

Anda selalu mengeluarkan kalori bahkan sewaktu sedang tidur. Energi ini digunakan oleh otot jantung dan pernapasan, metabolisme sel, dan mempertahankan suhu tubuh.

Apa hubungan kalori dengan berat badan? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Apa Hubungannya Kalori dengan Berat Badan?

Slim & Fit

Apa hubungan kalori dengan berat badan? 

Sebetulnya, hal yang paling penting untuk menurunkan berat badan yang optimal adalah menjaga keseimbangan energi. Pengeluaran kalori harus lebih banyak dibandingkan dengan pemasukan kalori.

Untuk hasil yang terbaik, Anda harus menghitung pemasukan dan pengeluaran kalori harian Anda. Jika pemasukan kalori Anda secara teratur melebihi pengeluaran, maka berat badan Anda akan bertambah. Bayangkan saja, hanya tambahan 100 kalori (misalnya dari Anda makan kentang goreng) setiap harinya selama 1 tahun, dapat memberikan tambahan berat Anda 5 kg per tahun!

Bagaimana cara penurunan berat badan yang efektif?

Berat badan Anda akan bertambah jika pemasukan energi melebihi pengeluaran. Pengurangan kalori akan menentukan berat badan yang berkurang. Contohnya, jika Anda mengalami defisit 100 kalori per hari, maka Anda akan mengurangi 0,5 kg selama 1 bulan. Jika Anda mengalami defisit 500 kalori per hari, Anda akan mengurangi 0,5 kg per minggu. Dan seterusnya.

Oleh karena itu, perhatikan jumlah kalori pada setiap makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Jangan lupa juga, jumlah kalori yang Anda bakar melalui aktivitas fisik sehari-hari akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan. 

0 Komentar

Belum ada komentar