Sukses

8 Cara untuk Mengontrol Makan Anda

Apakah Anda sering kebablasan saat melahap makanan enak? Apakah Anda senang menyantap camilan tidak sehat di luar jam makan? Bagaimana caranya untuk menghentikan kebiasaan-kebiasaan tersebut? Baca penjelasan lengkapnya di sini.

Slim & Fit

KlikDokter.com – Ingin mendapatkan berat badan yang ideal? Mulailah mengontrol makan Anda dari sekarang! Bukan hanya porsi makan yang harus dipantau, tetapi juga jenis makanan dan cara makan Anda. Berikut adalah delapan kiat untuk mengatur dan mengontrol makan Anda:

1. Makan permen karet saat sedang berbelanja di swalayan

Mungkin Anda sudah sering mendengar bahwa jangan berbelanja di kala Anda sedang lapar. Oleh karena itu, cobalah untuk mengulum permen karet ketika sedang menyusuri lorong-lorong di swalayan atau pasar. Saat mengulum permen karet, Anda cenderung akan merasa tidak terlalu lapar dan mengurangi keinginan Anda untuk mengambil camilan ringan yang tinggi kalori pun berkurang.seperti keripik kentang, cokelat dan lainnya.

Berikut kiat lainnya untuk mengendalikan pola makan Anda, pada halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

8 Cara untuk Mengontrol Makan Anda

Slim & Fit

2. Pilihlah makanan yang sehat terlebih dulu

Ketika sedang makan bersama di meja makan atau memilih menu di restoran, penuhilah terlebih dulu piring Anda dengan makanan yang sehat. Sama halnya ketika Anda sedang makan prasmanan. Ketimbang mengambil ayam goreng atau tongseng kambing, ambillah salad atau menu sehat lainnya.

3. Matikan TV

Usahakan untuk selalu makan di meja makan. Bagi Anda yang sedang berdiet, melihat makanan di iklan layar kaca dapat membuat hasrat untuk mengemil Anda timbul. Oleh karena itu, jika Anda tetap ingin menonton TV sembari makan, pilihlah acara yang tidak ada kaitannya dengan makanan.

4. Gunakan mangkok atau piring yang lebih kecil

Ukuran perlengkapan makan seperti piring, mangkok, sendok dan garpu akan memberikan sinyal kepada otak seberapa banyak Anda "seharusnya" makan. Piring yang lebih besar berarti makanan yang lebih banyak. Pada suatu studi yang dilakukan pada sekelompok orang yang makan prasmanan dan mendapatkan piring yang besar, mengambil makanan 52% dan makan 45% lebih banyak dibandingkan kelompok yang mendapatkan piring kecil.

5. Berhenti dulu sebelum makan lagi

Makan karena Anda sedang mencari aktivitas di kala bosan, lelah atau stres akan membuat Anda menjadi makan dengan tidak terkontrol. Cobalah tunda dulu keinginan makan tersebut dan lakukan hal lain selama 5-10 menit, kemudian lihatlah apakah Anda masih ingin makan.

6. Jauhkan camilan yang tidak sehat dari pandangan

Letakkan camilan seperti permen dan keripik kentang jauh-jauh di mana Anda tidak bisa melihatnya. Ketika para pekerja menaruh camilan di atas meja kerjanya, maka ia cenderung akan makan 48% lebih banyak dibandingkan jika diletakkan dalam jarak 2 meter.

7. Selalu pesan porsi kecil

Porsi yang besar akan membuat Anda tergoda untuk makan lagi dan lagi, meskipun Anda sudah kenyang atau makanan tersebut terasa tidak enak. Oleh karena itu, sebelum Anda memesan makanan di restoran, perkirakan seberapa besar porsi yang akan membuat Anda kenyang sebelum Anda memesannya.

8. Makan sedikit dan minum air putih

Potonglah makanan Anda kecil-kecil dan kunyahlah secara perlahan. Tunggu beberapa saat sebelum Anda kembali menyuap. Jangan lupa juga untuk minum air putih saat Anda sedang makan. Langkah sederhana ini dapat menjadi kunci untuk mengurangi porsi kalori yang Anda konsumsi. 

0 Komentar

Belum ada komentar