Sukses

5 Kiat Mendapatkan Perut Rata

Dengan motivasi dan kerja keras, perut rata bukan lagi sekadar mimpi.

Slim & Fit

KlikDokter.com – Setiap orang pasti menginginkan bentuk tubuh yang ideal, salah satunya dengan memiliki perut yang rata. Tumpukan lemak pada perut memang bisa membuat seseorang tidak percaya diri. Padahal, dengan motivasi dan kerja keras, perut rata bukan lagi sekadar mimpi. Berikut kiat-kiat yang dapat Anda lakukan:

1. Perbaiki Postur Anda

Postur yang buruk seperti membungkuk banyak dialami oleh banyak orang. Jika Anda membungkuk, otomatis perut Anda juga akan lebih terlihat berlipat. Untuk mendapatkan postur tubuh yang baik ketika berdiri, sejajarkan telinga Anda dengan bahu, bahu dengan pinggul, pinggul dengan lutut.

Biarkan bagian depan bahu Anda membuka seperti halnya kemeja yang tergantung rapi di gantungan baju. Dengan bahu yang tertarik ke belakang dan dada yang agak membusung, otot perut Anda otomatis juga akan tertarik ke dalam. Hasilnya, Anda akan terlihat lebih ramping dengan postur yang baik.

Berikut kiat lainnya untuk mendapatkan perut yang rata:

1 dari 2 halaman

5 Kiat Mendapatkan Perut Rata

Slim & Fit

2. Lakukan Olahraga Secara Menyeluruh

Memfokuskan latihan hanya pada otot perut – misalnya melakukan sit-up – boleh saja, namun sebaiknya Anda juga melakukan latihan untuk otot tubuh lainnya, seperti otot lengan dan paha. Lakukan olahraga yang terpusat pada core, contohnya olahraga pilates. Pilates tidak hanya memfokuskan pada otot rektus abdominis (otot perut atas) saja seperti pada sit up, tetapi juga otot oblikus internal dan eksternal (otot perut bagian samping) dan otot transversus abdominis (otot bagian dalam perut).

Selain itu, Anda juga dapat melakukan plank untuk memperkuat otot perut, lengan, paha dan bokong. Lakukan seperti Anda hendak melakukan push-up. Sejajarkan pergelangan tangan dengan bahu, jaga punggung tetap lurus, kencangkan perut dan bokong. Tahan berada pada posisi tersebut selama 10 detik dan ulangi.

3. Perhatikan Pola Makan

Olahraga yang giat tanpa diikuti dengan pola makan yang benar, tentu tidak akan memberikan Anda perut yang rata. Anda perlu membakar kalori lebih banyak dibandingkan dengan yang Anda konsumsi untuk mengurangi massa lemak di dalam tubuh. Selain itu, beberapa orang juga cenderung memiliki massa lemak lebih banyak yang terkumpul di bagian perut. Oleh karenanya, jagalah pola makan Anda dengan diet rendah lemak dan rendah karbohidrat.

4. Jangan Memforsir Diri

Untuk mendapatkan perut yang rata dengan cara yang sehat dan alami, tentu tidak bisa diperoleh dengan sekejap. Bahkan cara yang instan pun tidak akan memberikan hasil yang permanen. Intinya adalah tetapkan tujuan Anda, rencanakan, dan sabarlah menunggu hasilnya. Hasil akan datang seiring dengan konsistensi dan kerja keras Anda.

5. Tetapkan Tujuan yang Realistis

Jangan mengharapkan tubuh Anda akan ideal dan sehat, namun Anda hanya duduk-duduk saja sambil makan es krim. Lakukan aktivitas fisik secara rutin. Rencanakanlah tujuan yang bertahap. Misalnya, dalam waktu tiga bulan celana jin Anda harus turun satu nomor. 

0 Komentar

Belum ada komentar