Kulit

13 Cara Jitu Menghaluskan Kulit Wajah, Wajib Coba di Rumah!

Siti Putri Nurmayani, 14 Mei 2023

Ditinjau Oleh dr. Dyah Novita

Kulit wajah yang halus dan sehat menjadi idaman banyak orang. Tertarik untuk memilikinya? Ketahui 13 cara menghaluskan kulit wajah di sini.

13 Cara Jitu Menghaluskan Kulit Wajah, Wajib Coba di Rumah!

Memiliki kulit wajah yang kasar tentu menjadi masalah umum yang dialami kebanyakan orang. Kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari paparan sinar matahari hingga penggunaan produk perawatan yang kurang tepat.

Kulit kasar tentunya bisa mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Namun tak perlu khawatir, ada banyak cara menghaluskan kulit wajah yang bisa kamu coba. Apa saja caranya? Mari ketahui selengkapnya lewat ulasan berikut ini.

1. Menggunakan Pelembap

Mengoleskan pelembap secara rutin bisa membantu menjaga sekaligus memperbaiki kulit.

“Meski memiliki kulit yang berminyak, kamu bisa menggunakan produk pelembap yang ringan dan bebas minyak. Jika memiliki kulit kering, cukup gunakan pelembap satu kali dalam sehari,” tutur dr. Dewi Ema Anindia.

2. Aplikasikan Tabir Surya

Cara menghaluskan kulit wajah bisa juga dengan menggunakan tabir surya. Untuk itu, sebaiknya kamu melindungi kulit dengan mengaplikasikan sunscreen, terutama pada siang hari.

Meski berada di dalam ruangan, usahakan juga untuk tetap memakai tabir surya. Soalnya, cahaya matahari dapat terpantul melalui kaca.

Disarankan Dokter Dewi, ada baiknya untuk memakai tabir surya dengan SPF 30 atau lebih setiap harinya.

3. Perbaiki Pola Makan

Memperbaiki pola makan juga bisa menjadi salah satu cara menghaluskan kulit wajah. Terdapat beberapa makanan yang bisa membuat kulit menjadi lebih sehat dan lembut, seperti apel, kacang almond, bawang putih, dan mangga.

Sebaiknya, kamu perlu menghindari makanan berlemak dan berminyak agar kulit tetap lembut dan halus.

4. Gunakan Produk Perawatan yang Tepat

Untuk memiliki kulit yang halus dan lembut, kamu perlu menggunakan produk perawatan kulit yang tepat.

Kamu bisa mencari produk yang mengandung alpha hydroxy acids (AHA) yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Bila kamu memiliki kulit berminyak, ada baiknya untuk menggunakan produk yang mengandung beta hydroxy acid (BHA).

Kedua kandungan tersebut dapat meningkatkan kesehatan kulit dengan mengurangi pori-pori tersumbat dan mencegah timbulnya jerawat.

5. Lakukan Perawatan Kulit

Cara membuat wajah halus dan glowing bisa dengan melakukan perawatan kulit. Kamu dapat melakukan eksfoliasi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati sekaligus membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah.

Selain menggunakan produk eksfoliasi berbahan kimia, kamu juga bisa memakai scrub mikrodermabrasi yang memiliki butiran scrub lebih kecil, sehingga terasa lebih lembut di kulit.

Penting untuk diingat, hindari melakukan eksfoliasi saat kulit berjerawat karena dapat mengiritasi kulit. Lakukan eksfoliasi maksimal satu minggu sekali agar tidak menimbulkan masalah kulit yang baru.

Artikel Lainnya: 20 Cara Efektif Memutihkan Kulit Secara Alami

6. Rutin Bersihkan Wajah

Rutin membersihkan wajah bisa menjadi cara yang paling mudah untuk menghaluskan kulit wajah.

Dianjurkan untuk membersihkan wajah setiap pagi dan malam hari sebelum tidur. Jika kulit cenderung berjerawat, pastikan untuk menggunakan produk pembersih wajah yang bebas minyak supaya tidak menyumbat pori-pori.

Bagi pemilik kulit berminyak, usahakan untuk menggunakan pembersih wajah yang non-komedogenik, ya!

7. Rajin Olahraga

Cara membuat muka mulus secara alami bisa dengan rutin berolahraga.

Pada dasarnya, olahraga bisa meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Hal ini tentunya baik untuk kesehatan sel-sel kulit karena dapat meningkatkan asupan oksigen dan nutrisi ke kulit.

Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Aging Cell melaporkan bahwa latihan aerobik secara teratur bisa memperbaiki komposisi kulit. Disarankan untuk melakukan aktivitas fisik setiap harinya selama 15-30 menit dengan intensitas ringan hingga sedang.

8. Penuhi Asupan Cairan

minum air putih

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi menjadi opsi terbaik untuk memiliki kulit yang halus.

Ketika tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, ini bisa membuat kulit menjadi kering. Dengan minum air putih, ini bisa meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi tanda-tanda kulit kering.

9. Tidur Cukup

Seperti yang kita tahu, jam tidur bisa memengaruhi kesehatan tubuh. Namun ternyata, ini juga bisa berdampak pada kesehatan kulit, lho.

Ketika kamu tidur, kulit akan melakukan sejumlah perbaikan, misalnya dengan memproduksi kolagen yang bisa memperbaiki kerusakan kulit.

Untuk itu, dianjurkan agar tidur cukup supaya kulit bisa lebih sehat dan halus.

Artikel Lainnya: Gua Sha untuk Kecantikan, Rahasia Wajah Awet Muda dan Tirus

10. Hindari Merokok

Paparan asap rokok bisa menyebabkan penuaan dini, seperti munculnya garis halus dan kerutan di kulit. Bahkan, rokok juga bisa menimbulkan risiko gangguan kulit yang kronis, seperti jerawat dan psoriasis.

Untuk memiliki kulit yang sehat dan halus, sebaiknya kamu menghindari paparan asap rokok, ya! 

11. Kurangi Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol telah dikaitkan dengan kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari atau photodamage.

Selain itu, minum alkohol dalam jumlah banyak juga dapat menyebabkan dehidrasi. Kondisi ini bisa membuat kulit menjadi kering dan meningkatkan risiko penuaan dini.

Dianjurkan untuk mengurangi konsumsi alkohol sehingga kamu bisa mendapatkan kulit yang halus dan sehat.

12. Oleskan Bahan Alami

Mengoleskan bahan alami seperti madu, minyak kelapa, dan oatmeal bisa membantu melembapkan dan menghaluskan kulit.

Madu merupakan eksfoliator alami yang dapat merawat kulit dan mengurangi munculnya kerutan. Sedangkan penggunaan minyak kelapa bermanfaat untuk mengobati kondisi kulit yang kering dan meradang.

Untuk melembapkan kulit, kamu juga bisa menggunakan oatmeal pada kulit wajah.

Artikel Lainnya: 8 Faktor yang Sebabkan Perubahan Jenis Kulit

13. Konsultasi dengan Dokter

Beberapa orang mungkin sulit untuk memperbaiki masalah kulit yang dialaminya, termasuk menghaluskan kulit yang kasar. Namun jangan khawatir, kamu bisa meminta bantuan dokter untuk mengatasinya.

Segera konsultasikan dengan dokter bila kamu merasa terganggu dengan kondisi kulit yang dialami. Nantinya, dokter akan memberikan perawatan yang tepat.

Kamu bisa gunakan layanan Tanya Dokter untuk terhubung dengan dokter secara praktis. Unduh juga aplikasi KlikDokter untuk mendapatkan informasi lengkap seputar kesehatan kulit. KlikDokter, solusi untuk #JagaSehatmu!

(NM)

Masalah KulitCara Memutihkan KulitCantik SehatObat Kulit

Konsultasi Dokter Terkait