Sukses

Tips Menjaga Kesehatan Lambung

Tips Menjaga Kesehatan Lambung. Berikut saran medis dari dr. Mega Putri bagaimana menjaga kesehatan lambung.

KlikDokter.com - Gaya hidup dan pilihan makanan dapat mempengaruhi kesehatan lambung, dimana kesehatan lambung juga akan berdampak pada sistem pencernaan secara keseluruhan pada tubuh. Oleh karena itu, meminum air putih, mengonsumsi serat, dan berolahraga tentunya dapat berkontribusi terhadap kesehatan lambung.

Kesehatan lambung secara langsung dipengaruhi oleh gaya hidup dan tentunya makanan yang dimakan. Dengan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesehatan lambung, maka sistem pencernaan pada lambung akan berfungsi lebih efisien dan dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Berikut beberapa tips menjaga kesehatan lambung :

Hindari stres untuk mencegah timbulnya masalah lambung

Cobalah untuk menghindari stres dan kelola stres dengan baik agar tidak mempengaruhi pencernaan. Saat seseorang dalam keadaan stres, bisa saja mengalami perasaan yang tidak nyaman pada bagian perutnya. Hal tersebut terjadi karena perasaan cemas dan khawatir bisa mengganggu keseimbangan pencernaan.

Pada beberapa orang hal tersebut dapat memperlambat pencernaan, menyebabkan kembung, nyeri perut dan sembelit. Sementara itu, pada beberapa orang lainnya bisa menyebabkan diare. Selain itu, stres juga bisa menurunkan atau bahkan menghilangkan nafsu makan seseorang. Stres juga dapat memperburuk kondisi pencernaan seperti tukak lambung, irritable bowel syndrome, dan kolitis ulserativa.

Klik ‘next’ untuk membaca lanjutan artikelnya.

1 dari 4 halaman

Tips Menjaga Kesehatan Lambung

Promag Ahlinya Lambung

Makan dengan benar untuk membantu pencernaan

Berikut beberapa aturan dasar makan agar terhidar dari masalah pencernaan:

  • Jangan terburu-buru saat makan. Luangkan waktu untuk makan secara perlahan. Makan terburu-buru akan menyebabkan makanan menjadi sulit dicerna dan hal tersebut akan menambah beban kerja dari lambung.
  • Hindari makan berlebihan. Kurangi porsi pada saat makan, atau cobalah makan 4-5 porsi kecil bukan tiga porsi besar, agar tidak membebani lambung.
  • Makan dengan teratur dan jangan lewatkan waktu makan.
  • Hindari makan makanan besar sebelum tidur. Makan makanan terakhir setidaknya dua sampai tiga jam sebelum tidur.
  • Banyak minum air putih. Cobalah untuk minum setidaknya dua liter air putih sehari.

Konsumsi makanan tinggi serat

Mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dapat diperoleh dari buah-buahan dan juga sayur-sayuran. Makanan tinggi serat tersebut dapat meningkatkan kesehatan lambung. Diet tinggi serat membantu untuk menjaga makanan bergerak melalui saluran pencernaan, sehingga kemungkinan untuk terjadinya sembelit akan berkurang. Selain itu, diet tinggi serat juga dapat membantu mencegah atau mengobati berbagai kondisi pencernaan, seperti tukak lambung, divertikulosis, wasir, dan sindrom iritasi usus besar. Terakhir, makanan tinggi serat juga dapat membantu mencapai atau mempertahankan berat badan yang sehat.

Klik ‘next’ untuk membaca lanjutan artikelnya.

2 dari 4 halaman

Tips Menjaga Kesehatan Lambung

Promag Ahlinya Lambung

Hindari makanan pedas dan asam

Saat makanan masuk kedalam lambung, maka secara natural lambung akan mengeluarkan asam HCl (asam klorida). Namun jika yang dikonsumsi adalah makanan yang pedas atau asam maka dapat membuat lambung mengeluarkan asam HCl yang semakin banyak. Hal tersebut dapat menyebabkan iritasi pada lapisan dalam lambung sehingga menyebabkan rasa perih. Oleh karena itu sebaiknya kurangi atau hindari konsumsi makanan pedas dan asam.

Makanan yang pedas dan asam dapat memicu lambung untuk mengeluarkan asam lambung lebih banyak lagi, hal ini juga dapat terjadi pada lambung yang kosong. Lambung yang lama kosong atau tidak diisi oleh makanan akan menghasilkan asam lambung yang juga bisa menyebabkan iritasi pada dinding lambung.

Berhenti merokok untuk mencegah terjadinya refluks

Merokok dapat melemahkan otot yang mengontrol ujung bawah kerongkongan (esofagus) dan memungkinkan asam dari lambung untuk naik kembali ke kerongkongan, dimana proses tersebut dikenal sebagai refluks.

Refluks menyebabkan gejala heartburn (sensasi terbakar di dada) dan dapat menyebabkan atau memperburuk tukak lambung dan juga kondisi peradangan usus. Selain itu, merokok juga merupakan faktor risiko terjadinya kanker lambung.

Klik ‘next’ untuk membaca lanjutan artikelnya.

3 dari 4 halaman

Tips Menjaga Kesehatan Lambung

Promag Ahlinya Lambung

Hindari konsumsi minuman bersoda, kafein, dan alkohol

Kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi minuman yang mengandung soda, kafein dan alkohol yang berlebihan dapat mengganggu fungsi dari sistem pencernaan, dan menyebabkan masalah seperti meningkatkan produksi asam lambung yang dapat menyebabkan sakit maag dan bisa juga terjadi heartburn (sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan).

Berolahraga secara teratur

Olahraga yang teratur akan membantu menjaga makanan bergerak melalui sistem pencernaan dan juga dapat mengurangi sembelit. Selain itu, olahraga juga dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat, yang baik untuk kesehatan pencernaan. Jadi berolahragalah secara teratur minimal selama 30 menit setidaknya 3x dalam sepekan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

0 Komentar

Belum ada komentar