Sukses

Bawa Segera Ke UGD Jika Terdapat Luka di Lambung!

Bawa Segera Ke UGD Jika Terdapat Luka di Lambung! Kondisi ulkus lambung membutuhkan respon penanganan yang cepat. Karena jika disepelekan dan ditunda, bahayanya bisa berlipat ganda.

KlikDokter.com - Ulkus atau luka lambung dapat ditangani dengan baik jika diterapi sejak dini. Namun, ulkus lambung bisa menjadi tidak terkendali ketika terjadi pecahnya pembuluh darah dan perforasi dinding lambung, maka saatnya untuk mendapatkan bantuan medis segera.

Jika rasa sakit terbakar akibat ulkus lambung menjadi tak terkontrol, jangan sepelekan hal tersebut. Dikarenakan rasa sakit tersebut bisa menjadi keadaan darurat yang memerlukan perhatian medis segera. Oleh karena itu ketahuilah tanda-tanda darurat ulkus lambung memburuk yang membutuhkan perawatan medis segera.

Ada tiga jenis keadaan darurat ulkus lambung:

  • Terjadi perdaraan pada lambung dikarenakan ulkus mengakibatkan pembuluh darah menjadi terbuka.
  • Ulkus lambung menjadi perforasi lambung atau lambung bocor.
  • Terjadi pembengkakan atau jaringan parut yang berkaitan dengan ulkus lambung, mengakibatkan makanan tidak dapat dicerna dengan baik.

Tanda-tanda keadaan darurat ulkus lambung adalah:

  • Tinja berdarah (darah berwarna merah ataupun hitam)
  • Muntah darah atau muntah yang terlihat seperti bubuk kopi
  • Rasa sakit yang semakin meningkat
  • Kelemahan
  • Mental confusion

Klik ‘next’ untuk membaca lanjutan artikelnya.

1 dari 4 halaman

Bawa Segera Ke UGD Jika Terdapat Luka di Lambung!

Promag Ahlinya Lambung

Perdarahan

Hal yang perlu dikhawatirkan yang paling utama adalah komplikasi akut dari ulkus lambung, yaitu terjadinya perdarahan yang cukup masif.

Perdarahan bisa terjadi karena ulkus lambung telah membuka pembuluh darah sehingga terdapat darah merah atau hitam di muntah ataupun tinja.

Jika ulkus lambung terus berdarah tanpa dilakukan pengobatan, maka risiko terjadinya anemia dan gejala lain yang berhubungan dengan kehilangan darah dapat terjadi, seperti kelemahan atau mental confusion. Pengobatan untuk perdarahan ulkus lambung mungkin akan melibatkan endoskopi. Dalam prosedur endoskopi ini, sebuah tabung tipis panjang dengan kamera terpasang, lalu dimasukkan melalui mulut hingga kedalam lambung. Hal ini memungkinkan dokter untuk melihat ulkus lambung dan mengobati pendarahan.

Klik ‘next’ untuk membaca lanjutan artikelnya.

2 dari 4 halaman

Bawa Segera Ke UGD Jika Terdapat Luka di Lambung!

Promag Ahlinya Lambung

Jangan Abaikan Nyeri

Jika terdapat tanda-tanda darurat ulkus lambung, jangan tunggu sampai terjadi perdarahan yang banyak, segera periksakan diri ke dokter terdekat.

Tanda darurat lainnya adalah rasa nyeri yang semakin meningkat. Memburuknya rasa sakit dapat disertai dengan gejala berkeringat dan mental confusion, hal tersebut menunjukkan terjadinya perforasi atau bocornya lambung.

Ulkus lambung yang sudah bolong atau perforasi dapat diperbaiki dengan jalan operasi yang bertujuan untuk menutup lubang dan menghentikan perdarahan.

Konsumsi OAINS

Salah satu cara ulkus lambung menjadi berkembang adalah mengkonsumsi obat anti inflamasi non sterois (OAINS), misalnya aspirin atau ibuprofen. Ulkus lambung juga dapat menyebabkan keadaan darurat tanpa banyak peringatan.

Klik ‘next’ untuk membaca lanjutan artikelnya.

3 dari 4 halaman

Bawa Segera Ke UGD Jika Terdapat Luka di Lambung!

Promag Ahlinya Lambung

Salah satu cara untuk menghindari keadaan darurat ulkus lambung namun harus tetap mengkonsumsi OAINS adalah dengan mengkonsumsi obat yang dapat mengendalikan asam dalam lambung, seperti obat golongan proton pump inhibitor (PPI). Sebuah studi dari 51.903 orang yang menggunakan OAINS selama dua tahun menemukan bahwa mereka yang juga mengkonsumsi PPI memiliki sekitar risiko 60 persen lebih rendah terkena perforasi lambung.

Keadaan darurat ulkus lambung dapat diatasi dengan jalan operasi dan perawatan medis, namun dalam beberapa kasus jika tidak diatasi tepat waktu maka dapat berakibat fatal, jadi jangan diam saja atau menunggu untuk mencari bantuan. Selalu hubungi dokter segera jika diduga atau kemungkinan terjadi keadaan darurat ulkus lambung.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

0 Komentar

Belum ada komentar