Sukses

Anemia : Sebuah Gejala atau Penyakit?

Anemia : Sebuah Gejala atau Penyakit? Berikut penuturan dr. Anita Amalia Sari.

KlikDokter.com - Kurang darah atau yang dalam istilah medis dikenal sebagai anemia, merupakan suatu kondisi yang banyak terjadi di masyarakat Indonesia. Anemia dapat menimbulkan gejala ringan seperti mudah lelah hingga gejala berat seperti sesak napas, sehingga tak jarang banyak yang tidak menyadari bahwa dirinya mengalami anemia.

Anemia terjadi akibat tubuh kekurangan jumlah sel darah merah yang sehat yang berfungsi untuk mengantarkan makanan (nutrisi) dan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Hemoglobin adalah protein yang merupakan bagian utama sel darah merah yang dapat berikatan dengan oksigen.

Bila seseorang memiliki jumlah hemoglobin yang rendah atau memiliki sel darah merah yang abnormal, maka sel-sel di dalam tubuh tidak mendapatkan oksigen yang dibutuhkan. Gejala anemia seperti lelah terjadi akibat organ tubuh tidak mendapatkan “bahan bakar” (oksigen) yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan semestinya.

Anemia merupakan sebuah pertanda adanya penyakit atau gangguan dalam tubuh seseorang. Sehingga anemia adalah sebuah kondisi bukanlah penyakit namun dapat pula merupakan petanda adanya masalah serius di dalam tubuh.

Anemia disebabkan oleh berbagai macam penyebab. Simak halaman berikut untuk mengetahui lebih jauh.

1 dari 2 halaman

Anemia : Sebuah Gejala atau Penyakit?

Sakatonik Liver

Anemia disebabkan oleh berbagai macam penyebab, baik yang akibat kelainan genetik, gangguan nutrisi, penyakit kronis maupun perdarahan. Bila seseorang mengalami anemia, maka sebaiknya dicari penyebabnya, agar dapat ditangani sesuai dengan penyebab yang mendasari.

Tubuh bekerja sebaik mungkin untuk memastikan jumlah sel darah merah yang diproduksi mencukupi untuk membawa oksigen. Sel darah merah dapat hidup selama 90 hingga 120 hari, lalu nantinya sel darah merah yang sudah “tua” akan dihancurkan oleh hati dan limpa. Meskipun demikian, zat besi yang terdapat di sel darah merah dapat didaur ulang dan dikirim kembali ke sumsum tulang belakang untuk memproduksi sel darah merah baru.

Mengetahui gejala yang dapat ditimbulkan oleh anemia sangatlah penting. Gejala yang dapat dikeluhkan antara lain seperti:

  • Mudah lelah,
  • Pusing,
  • Sakit kepala,
  • Gangguan konsentrasi,
  • Wajah pucat,
  • Sesak napas,
  • Nyeri dada dan berdebar-debar.

Bila merasakan adanya gejala anemia, penting sekali untuk segera mengambil langkah secepatnya (mengunjungi dokter) untuk memastikan kondisi dan penyebab sehingga dapat diketahui apakah ada kondisi serius lain yang mendasarinya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

0 Komentar

Belum ada komentar