Sukses

Anemia Lebih Sering Terjadi Pada Wanita

Anemia Lebih Sering Terjadi Pada Wanita. Dibandingkan pada pria, anemia lebih mudah terjadi pada wanita. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya berikut penjelasannya bersama dr. Anita Amalia Sari di sini.

KlikDokter.com - Anemia atau kurang darah seringkali dikaitkan dengan wanita. Anemia merupakan kondisi yang umum terjadi. Kondisi ini dapat menyerang seluruh usia, ras dan etnis. Pria dan wanita dapat mengalami anemia. Namun, wanita usia subur memang memiliki risiko lebih tinggi mengalami karena wanita mengalami menstruasi, hamil dan melahirkan.

Anemia merupakan sebuah kondisi yang terjadi akibat kurangnya jumlah sel darah merah sehat atau kurangnya jumlah hemoglobin yang menyebabkan oksigen tidak dapat dihantarkan ke jaringan tubuh dengan maksimal sehingga mengakibatkan menurunnya kemampuan fisik dan mental seseorang. Hemoglobin merupakan komponen sel darah merah yang berikatan dengan oksigen yang akan membawa oksigen ke otak, sistem otot, sitem kekebalan tubuh dan bagian tubuh lainnya.

Zat besi, asam folat, vitamin dan mineral lainnya dibutuhkan untuk membentuk hemoglobin. Menurut WHO/CDC 2008, kekurangan (defisiensi) nutrisi merupakan penyebab umum anemia dan anemia defisiensi zat besi merupakan kontributor utama. Selain zat besi, kekurangan nutrisi lainnya seperti asam folat dan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia, begitu pula penyebab yang tidak berhubungan dengan gizi seperti infeksi akut maupun kronik dan kelainan genetik.

Halaman berikut ini adalah kelompok orang yang memiliki risiko lebih tinggi mengalami anemia defisiensi zat besi. Klik Next.

1 dari 2 halaman

Anemia Lebih Sering Terjadi Pada Wanita

Sakatonik Liver

Kelompok orang yang memiliki risiko lebih tinggi mengalami anemia defisiensi zat besi antara lain:

  • Remaja perempuan atau wanita usia subur
  • Wanita hamil
  • Paska melahirkan
  • Riwayat menstruasi memanjang/ darah menstruasi berlebih
  • Menggunakan obat pengencer darah
  • Didiagnosis penyakit celiac
  • Menjalani operasi potong lambung dalam 1 tahun terakhir
  • Memiliki gangguan saluran pencernaan

Terdapat dua momentum yang dialami wanita, menjadikan dirinya lebih rentan terjangkit anemia, antara lain:

  1. Remaja Wanita

Usia mulai menstruasi, lama menstruasi dan banyaknya darah menstruasi mempengaruhi kejadian anemia pada remaja.

  1. Wanita Hamil

Pada wanita hamil akibat peningkatkan volume darah saat hamil yang menyebabkan darah menjadi lebih encer dan mengakibatkan kondisi anemia pada ibu hamil. Perdarahan yang terjadi saat proses melahirkan juga dapat menyebabkan anemia bila dalam jumlah banyak.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sekitar 42% wanita hamil mengalami anemia. Di daerah berkembang terutama pada kelompok masyarakat dengan sosioekonomi rendah, kejadian anemia juga banyak ditemukan. Anemia defisiensi zat besi merupakan penyebab tersering anemia pada lingkungan dengan penghasilan rendah akibat asupan gizi yang kurang baik. Anemia berat pada ibu hamil akibat kekurangan zat besi dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan ibu dan janin seperti janin lahir premature dan berat bayi lahir rendah.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

0 Komentar

Belum ada komentar