Sukses

6 Cara Cegah Mulut Bau Naga Ketika Puasa

Ibadah puasa saatnya kita berlomba mengejar pahala dengan menahan lapar dan dahaga

Ibadah puasa saatnya kita berlomba mengejar pahala dengan menahan lapar dan dahaga.

Tapi jangan sampai gara-gara nafas tak sedap kita malah menahan bicara.

Jangan khawatir, untuk mencegah nafas ‘bau naga’ selama bulan puasa ada cara yang gampang.

Kuncinya, menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Bagaimana langkah-langkahnya?

Inilah langkah-langkah agar mulut tidak 'bau naga' saat puasa:

1. Hindari makanan yang beraroma menyengat
Ketika sahur dan berbuka, jauhi makanan berbau kurang sedap seperti bawang, petai, atau jengkol. Makanan ini akan membuat mulut menjadi berbau tidak sedap karena sifatnya yang mempunyai bau menyengat.

2. Rutin menjaga kebersihan gigi dan mulut
Sikat gigilah sesudah makan sahur  untuk menyingkirkan sisa-sisa makanan serta yang terpenting adalah sebelum tidur . Jangan lupa untuk menyikat lidah karena terdapat banyak bakteri dan kuman penyebab bau mulut di area ini.

3. Stop merokok
Tak ada manfaat dari merokok. Selain membuat mulut jadi bau, merokok merusak tingkat keasaman dari mulut yang makin menambah aroma jadi tak segar.

1 dari 2 halaman

6 Cara Cegah Mulut Bau Naga Ketika Puasa

4. Banyak minum air putih
Pastikan Anda minum banyak air putih, minimal 8 gelas sehari. Anda bisa meminumnya di waktu sahur dan berbuka.

5. Cek ke dokter gigi secara berkala
Dokter gigi akan mengecek tanda-tanda penyakit di daerah gigi dan mulut seperti gigi berlubang dan penyakit gusi. Gigi berlubang dan karang gigi yang tidak dibersihkan dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri penyebab bau mulut.

6. Makan buah-buahan dan sayuran segar
Disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur  di waktu sahur dan berbuka. Pilih yang kaya vitamin C dan serat. Buah dan sayur dapat merangsang produksi air liur dan menekan pertumbuhan bakteri dalam mulut.

Tidak susah bukan menjaga kebersihan dan kesehatan mulut selama puasa? Meskipun sedang puasa, aktivitas sehari-hari pun tetap berjalan dengan lancar.

Jangan sampai puasa dijadikan aksi tutup mulut karena takut nafas tak sedap. Sikatlah gigi dengan bersih minimal 2x sehari pagi setelah sahur dan malam sebelum tidur. Pastikan seluruh permukaan gigi tersikat supaya terhindar dari bakteri dan kuman penyebab bau mulut.

Gunakan juga pasta gigi yang mengandung Microgranules yang mampu membersihkan sela-sela gigi serta Zinc Citrate yang merupakan anti bakteri sehingga nafas menjadi lebih segar.

0 Komentar

Belum ada komentar