Diabetes

Kiat Berpuasa untuk Penderita Diabetes

dr. Muhammad Anwar Irzan, 22 Jun 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Puasa Ramadan merupakan ibadah yang wajib dilakukan. Lalu, bagaimana dengan mereka yang menderita diabetes?

Kiat Berpuasa untuk Penderita Diabetes

KlikDokter.com - Puasa bagi penderita diabetes bukanlah halangan. Namun Anda tetap harus memperhatikan aktivitas dan asupan makanan Anda. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan selama Anda berpuasa:

1. Pemantauan Gula Darah

Setiap pasien sebaiknya memiliki alat ukur kadar glukosa darah sendiri, agar dapat dilakukan pemeriksaan beberapa kali dalam sehari. Hal tersebut sangat penting pada pasien dengan diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 yang membutuhkan insulin. Cek juga kadar gula darah sebelum memutuskan untuk berpuasa.

2. Nutrisi

Diet yang seimbang selama bulan Ramadan bertujuan untuk mempertahankan massa tubuh yang konstan. Dalam kebanyakan studi, 50-60% individu mampu mempertahankan berat badan mereka selama satu bulan, sementara 20-25% berhasil menurunkan berat badan mereka; namun kadang-kadang, ada penderita diabetes kehilangan berat badan (> 3 kg). Hindarilah berbuka puasa dengan karbohidrat dan lemak dalam jumlah besar. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dianjurkan pada waktu sahur, sementara karbohidrat sederhana lebih tepat dimakan pada saat berbuka puasa.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan selama Anda berpuasa lainnya, selengkapnya di halaman selanjutnya:

Kiat Berpuasa untuk Penderita Diabetes

3. Berbuka Puasa

Pada saat berbuka puasa, penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, agar tidak terjadi lonjakan glukosa di dalam darah. Penting juga untuk tidak memakan makanan dengan kadar gula yang terlalu rendah, agar kebutuhan gula harian tetap terpenuhi.

4. Mengakhiri Puasa

Semua penderita diabetes melitus baik tipe 1 maupun tipe 2 harus memahami bahwa mereka harus selalu dan segera mengakhiri puasa jika terjadi hipoglikemia, yaitu saat glukosa darah

Obat diabetesPenanganan DiabetesPuasa DiabetesPola Makan Diabetes

Konsultasi Dokter Terkait