Sukses

Puasa Bukan Alasan untuk Tidak Berolahraga

Jangan takut untuk berolahraga saat berpuasa. Dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin, berpuasa pun jadi lebih mudah dan menyenangkan!

KlikDokter.com - Tahukah Anda bahwa berolahraga saat berpuasa menjadi investasi yang begitu baik bagi tubuh dan kesehatan?

Puasa bukanlah menjadi alasan untuk tidak beraktivitas. Olahraga merupakan salah satu hal yang tetap dianjurkan untuk dilakukan saat puasa. Tidak perlu takut akan mengalami bila berolahraga saat puasa, karena tubuh tetap memiliki cadangan air dan lemak saat berpuasa. Asalkan pemilihan waktu dan jenis olahraganya benar, olahraga saat berpuasa tidak akan merugikan Anda.

Sebaiknya olahraga dilakukan 1 jam hingga 30 menit menjelang berbuka puasa. Mengapa demikian? Karena dengan begitu, jarak antara waktu olahraga dengan waktu berbuka tidaklah jauh, sehingga tubuh dapat langsung mengganti kehilangan cairan dan energi akibat olahraga. Cairan yang hilang dapat digantikan dengan minum air dan energi dapat digantikan dengan makan-makanan yang manis.

Jenis olahraga yang dianjurkan saat berpuasa adalah olahraga dengan intensitas ringan seperti berjalan, bersepeda, dan berenang serta tidak lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan agar tidak terjadi cedera otot.

0 Komentar

Belum ada komentar