Sukses

Puasa Sehat Bersama Diabetasol

Dalam menghadapi bulan Ramadan yang sebentar lagi tiba, pertanyaan yang sering kali muncul adalah bolehkah penderita diabetes berpuasa?

KlikDokter.com - Diabetes atau kencing manis adalah kelainan dalam tubuh yang ditandai dengan tingginya kadar glukosa darah secara kronis. Gangguan ini bisa mengakibatkan kerusakan sel-sel dalam tubuh manusia, terutama pada pembuluh darah dan saraf. Untuk menjaga kestabilan kadar gula darah, penderita diabetes memerlukan pengaturan makan dan pengobatan yang tepat agar tidak terjadi komplikasi.

Dalam menghadapi bulan Ramadan yang sebentar lagi tiba, pertanyaan yang sering kali muncul adalah bolehkah penderita diabetes melitus berpuasa?

Tujuan pengaturan makanan (diet) yang tepat adalah kuncinya. Diet pada bulan Ramadan baik untuk mencegah hipoglikemi dan hiperglikemi, menjaga berat badan agar tetap normal, serta menghindari dehidrasi. Dengan cara itu, penderita diabetis dapat beraktivitas seperti biasa.

Dua-tiga hari sebelum berpuasa dapat dijadikan latihan oleh para penderita diabetes, yaitu sebagai upaya penyesuaian diri dengan perubahan jadwal dan jumlah makan. Hal itu dilakukan supaya penyakit diabetes yang diderita tidak mengganggu ibadah puasa.

Tidak berbeda dengan diet pada hari-hari biasa, prinsip makan sehat bagi penderita diabetes adalah mengikuti pola 3J. Yakni dengan menghitung jumlah kalori ideal yang harus dikonsumsi oleh tubuh, hal ini berkaitan dengan tinggi badan serta aktivitas fisik yang biasa dilakukan. “J” yang kedua adalah memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Komposisi gizi yang seimbang akan menunjang pola makan yang sehat. Jenis makan sehat yang ideal adalah makanan yang mengandung 45-65% karbohidrat, 10-20% protein, lemak 20-25% serta vitamin dan mineral. Yang terakhir adalah mengatur jadwal makan dalam sehari. Jadwal makan yang ideal adalah tiga kali makan besar diselingi dengan tiga kali makan kecil termasuk sarapan pagi.

Saat ini, makanan pengganti dianggap sangat membantu para penderita diabetes untuk berkomitmen menjalankan gaya hidup sehat. Diabetasol adalah salah satu solusinya.

Diabetasol merupakan makanan pengganti yang sudah terbukti bermanfaat untuk para penderita diabetes dalam mengatur kebutuhan makanan selama sehari. Produk ini khusus dirancang dengan gizi lengkap dan seimbang, membuat Anda dengan mudah mendapatkan kebutuhan gizi dalam satu kemasan.

Dalam kondisi berpuasa, Anda dapat mengonsumsi diabetasol saat sahur dan beberapa jam setelah berbuka puasa. Namun, makanan utama yang Anda konsumsi sehari-hari tidak bisa diganti sepenuhnya dengan Diabetasol.

Kini Diabetasol hadir dengan berbagai varian rasa dan jenis produk yang lebih lengkap, sehingga mempermudah pengaturan pola makan harian dan memberi rasa aman bagi penderita diabetes.

Selamat berpuasa dengan Diabetasol![](ADV)

0 Komentar

Belum ada komentar