Sukses

Awas, Buka Puasa Balas Dendam Dapat Meningkatkan Kolesterol!

Berpuasa selama bulan Ramadan telah diketahui memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah menurunkan kolesterol. Namun, mengapa kadang kadar kolesterol malah meningkat?

KlikDokter.com - Pola makan saat puasa Ramadan telah diteliti dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Karena kekurangan energi, maka tubuh akan dipaksa untuk mencari sumber energi lain. Sebagai akibatnya, LDL (kolesterol jahat) pun akan dijadikan sebagai sumber energi.

Berbagai penelitian telah mengonfirmasi efek positif puasa bagi kesehatan, di antaranya menurunkan kadar kolesterol total sebesar 8%, trigliserida sebesar 30%, LDL sebesar 11%, dan berat badan sebesar 2,6%. Ditambah lagi, terdapat peningkatan HDL (kolesterol baik) sebesar 14,3%.

Namun ada sebagian orang yang kolesterolnya malah mengalami peningkatan selama bulan puasa. Mengapa demikian?

Jawabannya di halaman selanjutnya selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Awas, Buka Puasa Balas Dendam Dapat Meningkatkan Kolesterol!

Nutrive Benecol

Diduga pemburukan profil lemak darah tersebut terjadi karena “balas dendam” saat berbuka puasa. Setelah seharian menahan lapar, saat yang ditunggu-tunggu tentunya adalah waktu berbuka puasa. Namun sering kali karena sudah terlalu lapar, sebagian orang menjadi lupa diri saat menyantap makanan berbuka. Jika sudah demikian, biasanya makanan berlemak dan berkalori tinggilah yang dipilih.

Selain mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan kalori, orang juga cenderung mengurangi aktivitas dan olahraga dengan alasan menghemat energi selama berpuasa. Kedua kombinasi ini tentunya akan membuat kadar kolesterol semakin meningkat.

Sebenarnya puasa memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, asalkan memilih jenis dan jumlah makanan yang tepat. Jangan sampai bukannya mendapatkan tubuh yang lebih sehat, selepas lebaran Anda malah dirundung berbagai macam masalah kesehatan seperti kolesterol, hipertensi, dan diabetes karena pola makan yang kurang tepat.

Berikut adalah kiat-kiat agar Anda dapat menjalani puasa dengan baik dan mendapatkan manfaat:

  • Kurangi makanan yang tinggi kolesterol jahat (lemak jenuh dan lemak trans), seperti makanan yang digoreng, kuning telur, udang, daging berlemak, jeroan, kulit, dan lain-lain.
  • Kurangi makanan yang bersantan.
  • Kurangi makanan dan minuman yang manis.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung kolesterol baik (lemak tak jenuh), seperti kacang-kacangan, ikan, minyak zaitun, dan lain-lain.
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan.
  • Lakukan olahraga ringan setidaknya 30 menit setiap harinya. 

0 Komentar

Belum ada komentar