Sukses

Minimalkan Penyebaran Sakit Kuning Akibat Hepatitis A

Hepatitis A tergolong penyakit yang mudah menular. Untuk membantu menurunkan angka kejadian penyakit ini, ada enam hal yang perlu Anda lakukan. Apa saja?

KlikDokter.com - Apa yang dimaksud dengan sakit kuning? Sakit kuning adalah penyakit yang menyebabkan seluruh tubuh (termasuk mata) menjadi kuning, akibat gangguan terhadap organ hati. Salah satu penyakit kuning yang sering diderita adalah penyakit Hepatitis A (Hepa/hepar= hati, itis= peradangan).

Penyakit Hepatitis A ditularkan lewat virus dengan nama yang sama, virus Hepatitis A. Berikut adalah gejala yang diderita oleh orang yang terinfeksi virus ini:

  1. Seluruh badan terlihat kuning
  2. Sangat mual, muntah berulang-ulang
  3. Panas tinggi
  4. Badan lemas
  5. Nyeri perut terutama di kanan atas (tepat di atas organ hati)
  6. Buang air kecil berwarna seperti teh (kecokelatan)
  7. Nyeri kepala dan nyeri sendi
  8. Tidak nafsu makan, kadang disertai diare

Gejala-gejala yang ditimbulkan penyakit ini sering kali menyebabkan penderitanya membutuhkan perawatan, sebab muntah yang begitu banyak menyebabkan asupan makanan tidak dapat masuk ke dalam tubuh penderita. Hepatitis A membutuhkan terapi simtomatis (sesuai keluhan) dan tidak menyebabkan kelainan hati yang kronik seperti virus hepatitis lainnya. Kebanyakan penderitanya dapat sembuh sempurna.

Penyakit Hepatitis A ditularkan secara fekal­-oral. Artinya, seseorang dapat tertular penyakit ini setelah memakan makanan yang tercemar virus, yang sebelumnya dikeluarkan melalui kotoran penderita (misalnya penderita tidak mencuci tangan pasca buang air besar, kemudian mengolah makanan). Penyakit ini banyak diderita oleh orang-orang—termasuk anak-anak—yang sering membeli makanan yang kebersihannya kurang, terutama yang berasal dari jajanan.

Bayangkan, berapa banyak orang dewasa maupun anak-anak yang bergantung pada jajanan di luar rumah untuk memenuhi kebutuhan tenaga mereka? Otomatis, risiko mereka terkena penyakit hepatitis A sangat tinggi. Partisipasi semua pihak mampu membantu menurunkan angka kejadian penyakit ini. Kenali lebih lanjut mengenai penyakit ini, dan praktikkan kiat-kiat berikut ini di halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

Minimalkan Penyebaran Sakit Kuning Akibat Hepatitis A

Lifebuoy Clini Shield

Kiat Antisipasi Penularan Hepatitis A:

  1. Penjaja makanan (food handler) memegang peranan penting dalam hal ini. Pastikan untuk mencuci tangan Anda dengan menggunakan sabun sebelum mengolah makanan, terutama bila Anda baru saja menggunakan toilet
  2. Konsumen sendiri juga harus memastikan kebersihan tangannya sebelum makan, sebab sering kali tertinggal kuman pada berbagai benda yang disentuh (gagang pintu, uang, kursi, dan sebagainya)
  3. Gunakan air dari sumber yang bersih untuk diminum maupun mengolah makanan, dan pastikan dimasak secara mendidih. Masih ditemukan adanya kebiasaan membuang kotoran tidak di jamban, oleh karena itu waspadailah kebersihan air yang digunakan untuk memasak, mencuci piring dan sendok, dan sebagainya
  4. Kurangnya kebersihan alat bekas makan juga dapat menjadi media penularan penyakit. Bersihkan alat bekas makan dengan saksama, dan gunakan air bersih untuk membersihkannya
  5. Bila Anda sebagai penjaja makanan atau yang bertugas mempersiapkan makanan di rumah mengalami sakit Hepatitis A, atau menjaga keluarga yang sedang terserang Hepatitis A, bijaksanalah untuk tidak mengolah makanan. Bila harus, pastikan tangan Anda terbebas dari kuman dengan mencuci tangan dengan sabun
  6. Bila Anda seorang pelancong, maka Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi sebab Anda ‘kurang mengenal’ daerah tersebut. Hal ini terutama bila Anda mengunjungi daerah yang sanitasinya kurang baik

Penyakit ini tergolong sebagai penyakit yang mudah menular. Oleh sebab itu, kita harus berusaha keras untuk dapat menghindari serta tidak menyebarkannya pada lingkungan sekitar. Mempraktikkan kebersihan dengan baik, termasuk mencuci tangan secara rutin, adalah cara terbaik untuk melindungi diri dan sekitar dari penyakit Hepatitis A.

0 Komentar

Belum ada komentar