Sukses

Kurangi Risiko Infeksi Pernapasan dengan Mencuci Tangan

Tahukah Anda bahwa mencuci tangan bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi risiko infeksi pernapasan?

KlikDokter.com – Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) menyebabkan setidaknya dua juta kematian dalam satu tahun (Guerrant & Blackwood, 1999). Penyakit ini juga menjadi pemicu utama gangguan kesehatan dan kematian anak-anak di dunia. Kondisi ini terutama terjadi pada anak-anak berusia dibawah 5 tahun dan di negara-negara miskin.

Berbagai upaya dibutuhkan untuk dapat melakukan intervensi dan mengurangi angka kematian dan kesakitan akibat ISPA. Siapa sangka, kegiatan sederhana seperti mencuci tangan bisa jadi salah satu cara untuk mengurangi terjadinya penyakit ini!

Tangan diketahui menjadi media perpindahan bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit pernapasan. Beberapa jenis virus yang ditularkan lewat udara juga baru-baru ini diketahui ditransmisikan lewat fekal-oral (virus dalam kotoran yang tertelan). Virus infeksi pernapasan yang juga ditularkan lewat saluran cerna ini diperkirakan menyebabkan 2-24% penyakit pada anak (Cherry, 1998). Jenis virus yang menyebabkan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) ternyata juga bisa ditemukan dari kotoran pasien yang terinfeksi.

Dari penelitian didapatkan bahwa mencuci tangan dapat menurunkan risiko infeksi pernapasan antara 6% hingga 44%. Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Kurangi Risiko Infeksi Pernapasan dengan Mencuci Tangan

Lifebuoy Clini Shield

Tangan yang bisa menjadi media penularan kuman ini dapat ‘mengantarkan’ kuman ke hidung, mulut, mata, dan anus tanpa disadari. Jika area-area ini tersentuh tanpa sengaja dan tangan tidak dibersihkan, maka sentuhan tersebut bisa saja menjadi pintu masuknya penyakit. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan mencuci tangan menggunakan sabun.Cuci tangan juga telah diteliti dapat mengurangi penyebaran influenza dan infeksi pernapasan akut secara signifikan, di area sekolah, dan rumah tangga.

Mencuci tangan adalah cara yang efektif, mudah dilakukan, dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Ditambah potensinya yang mampu mengurangi risiko penyebaran infeksi saluran napas, maka mencuci tangan adalah pilihan bagi negara-negara yang sedang berkembang. Demi mengurangi kerentanan tubuh terhadap infeksi saluran napas, jangan malas mencuci tangan dengan sabun!

0 Komentar

Belum ada komentar