Sukses

Jadikan Puasa Sebagai Momen untuk Menurunkan Berat Badan

Sambil ibadah, tujuan sehat dan berat badan ideal pun tercapai. Berikut tips dari dr. Dewi Ema Anindia di sini.

Slim & Fit

KlikDokter.com - Puasa selama bulan Ramadhan dapat menjadi waktu yang baik bagi Anda yang berencana untuk  menurunkan berat badan. Nah, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengurangi berat badan Anda selama berpuasa :

  • Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh (Hidrasi)

Hidrasi atau mengonsumsi cairan secukupnya ketika puasa merupakan hal yang penting untuk mengurangi berat badan Anda selama berpuasa. Mengonsumsi air putih secukupnya dapat membantu menjaga hidrasi Anda sehingga membantu Anda untuk mengurangi keinginan mengonsumsi gula saat Anda buka puasa.

  • Sebaiknya Anda mengonsumsi 2 liter atau 8 gelas air putih dalam sehari selama Anda puasa.
  • Anda dapat mengonsumsi 2 gelas saat sahur, 4 gelas antara buka dan sahur, dan 2 gelas air putih saat sahur.
  • Hindari juga minuman yang mengandung kafein tinggi seperti kopi dan teh.

Berikut kiat lainnya untuk membantu mencapai berat badan yang ideal selama bulan puasa. Selengkapnya di halaman selanjutnya.

1 dari 2 halaman

Jadikan Puasa Sebagai Momen untuk Menurunkan Berat Badan

Slim & Fit

  • Hindari Makanan Berlebihan Saat Berbuka Puasa

Selama berpuasa, metabolisme Anda akan menjadi lambat dan akan ada penurunan energi. Anda dapat segera mengonsumsi makanan yang mengandung gula saat berbuka namun batasilah dengan bijaksana. Selanjutnya Anda dapat mengonsumsi makanan yang tinggi nutrisi, seperti sayuran dan buah.

  • Janganlah mengonsumsi makanan yang terlalu banyak
  • Biarkan sistem pencernaan Anda istirahat sejenak, setelah itu bisa dilanjutkan makan lagi.
  • Jangan Melewatkan Sahur

Usahakan agar Anda tetap sahur setiap harinya saat berpuasa. Melewatkan sahur dapat membuat Anda lebih lapar saat berbuka dan membuat Anda mengonsumsi makanan yang banyak sekali saat berbukan puasa. Saat sahur pilihlah makanan dengan kandungan garam yang rendah. Konsumsi juga makanan dengan karbohidrat kompleks seperti gandum dan pilihlah sumber protein seperti telur. Hal ini dapat menjaga kestabilan dan gula darah yang membuat Anda tidak lapar selama puasa.

  • Tetap Aktif

Berpuasa jangan menjadi alasan bagi kita untuk tidur sepanjang hari dan menjadi malas. Selama bulan puasa ada baiknya bila Anda menjaga aktivitas harian Anda. Tentu saat berpuasa hindari berolahraga saat matahari sedang panas-panasnya, oleh karena itu usahakan untuk melakukan olahraga selama 30 menit setelah melewati waktu berbuka.

  • Hindari Konsumsi Makanan Bergula yang Sudah Diproses

Penyebab dari meningkatnya berat badan selama hamil seringkali disebabkan oleh karena minuman dan makanan manis yang Anda konsumsi saat berbuka puasa. Selama bulan Ramadan, cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak makanan seperti sayuran dan buah dan hindari makanan manis.

Cobalah tips-tips yang disarankan diatas, dan lihat hasilnya! Semoga bermanfaat !

0 Komentar

Belum ada komentar