Sukses

Bolehkah Penderita Maag Berpuasa?

Banyak penderita maag yang merasa ragu untuk berpuasa. Apakah berpuasa bagi penderita maag memang dapat menyebabkan komplikasi?

KlikDokter.com - Siapa bilang penderita sakit maag tidak bisa puasa? Hal ini tidak perlu dikhawatirkan bagi Anda penderita maag yang ingin menjalankan puasa. Puasa bisa dijalankan dengan baik tanpa terjadi kambuhnya penyakit maag, bahkan puasa memiliki manfaat bagi penderita maag.

Sakit maag atau gastritis merupakan suatu proses peradangan yang terjadi pada dinding yang melapisi lambung. Maag dibagi menjadi dua macam, yaitu:

  • Maag fungsional adalah sakit maag yang disebabkan oleh karena kesalahan pola makan (makan tidak teratur dan makan makanan yang memicu timbulnya sakit maag), stress, emsi, dan juga merokok.

Pada maag fungsional tidak terdapat kelainan pada pemeriksaan endoskopi, oleh karena itu tidak terdapat kerusakan atau kelainan di dalam organ lambung dan maag jenis ini masih mungkin untuk melakukan ibadah puasa – justru puasa sangat baik dilakukan bagi penderita maag fungsional, dikarenakan pola makan menjadi teratur.

Jenis maag lainnya, yaitu maag organik. Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Bolehkah Penderita Maag Berpuasa?

Promag Ahlinya Lambung

  • Maag organik adalah sakit maag yang disebabkan karena terjadinya kerusakan atau kelainan pada organ pencernaan yang mengakibatkan kerja lambung menjadi tidak normal dan menyebabkan maag.

Dispepsia organik ini diketahui melalui pemeriksaan endoskopi. Kelainannya bisa berupa luka lecet (tukak) pada kerongkongan, lambung maupun usus, serta menimbulkan gejala yang lebih parah dari maag fungsional yaitu seperti berat badan turun, anemia, muntah darah, BAB hitam, dan lain-lain. Penderita yang mengalami maag organik ini tidak boleh berpuasa dahulu sebelum penyakitnya dinyatakan sembuh oleh dokter, karena puasa dapat memperparah sakit maag yang sedang dialami.

Berdasarkan kedua jenis sakit maag tersebut, sakit maag fungsional justru akan membaik jika melakukan puasa karena pola makan menjadi teratur. Namun harus diikuti dengan tidak mengonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti makanan berlemak, makanan pedas, gorengan, minuman bersoda maupun yang mengandung kafein. Merokok juga termasuk salah satu penyebab timbulnya gejala maag fungsional.

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa puasa bagi penderita maag dapat menimbulkan komplikasi yang patut diwaspadai, dan gejala yang dapat muncul terutama akan terlihat pada waktu siang hari. Terakhir, bila memang muncul keluhan-keluhan yang semakin berat – muntah darah atau BAB hitam – harap segera periksa ke dokter.

0 Komentar

Belum ada komentar