Sukses

Kenali Lebih Dalam Tentang Maag Kronis

Apa yang sudah Anda ketahui mengenai penyakit maag kronis?

KlikDokter.com - Maag atau dalam istilah kedokteran disebut dengan gastritis adalah suatu proses peradangan yang terjadi pada dinding yang melapisi lambung. Dilihat dari waktu terjadinya, gastritis dibagi menjadi dua macam, yaitu gastritis akut dan gastritis kronis.

Gastritis akut adalah suatu peradangan berat yang terjadi secara tiba-tiba pada lapisan lambung. Sedangkan gastritis kronis adalah peradangan pada dinding lambung yang sudah terjadi menahun, atau orang dengan gastritis dan tidak diobati dengan benar maka terjadi gastritis kronis.

Pembagian gastritis kronik terdiri atas tiga, yaitu:

  • Gastritis kronik tipe A

Gastritis tipe ini diduga terjadi dikarenakan proses immunologik tidak bergejala dan lebih dari 20% menyebabkan anemia pernisiosa.

  • Gastritis kronik tipe B

Terjadi karena iritasi kronis dalam waktu yang lama.

  • Gastritis kronik tipe AB

Adalah gabungan dari tipe A dan tipe B.

Tapi tahukah Anda, penyebab gastritis kronis yang paling sering ternyata bukan karena telat makan semata? Tapi juga infeksi bakteri! Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Kenali Lebih Dalam Tentang Maag Kronis

Promag Ahlinya Lambung

Gastritis kronis paling sering disebabkan karena infeksi bakteri Helicobacter pylori. Pengobatan untuk gastritis kronis yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori dapat diberikan kombinasi dari tiga obat, yaitu dua antibiotik dan satu Proton Pump Inhibitor (PPI). Antibiotik yang biasa digunakan adalah chlarithromycin, amoxicillin, dan metronidazole.

Selain bakteri Helicobacter pylori, ada berbagai macam penyebab timbulnya gastritis kronis, di antaranya:

·         Kondisi yang mendasari, seperti anemia pernisiosa (anemia akibat lambung tidak mampu mencerna vitamin B12).

·         Konsumsi alkohol yang berlebihan.

·         Pemakaian narkoba jenis kokain.

0 Komentar

Belum ada komentar