Sukses

Cara Atasi Hidung Mampet Tidak Kunjung Sembuh Akibat Flu

Ketika flu, hidung mampet bisa sangat mengganggu. Berikut cara mengatasinya oleh dr. Yadita Wira Pasra, Sp. THT-KL. di sini.

Afrin Semprot Hidung

KlikDokter.com – Pada umumnya, kondisi hidung tersumbat bisa disebabkan oleh beberapa hal. Diantara yang paling sering muncul adalah karena gejala flu Lalu bagaimana caranya untuk mengatasinya? Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

1. Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Mendadak

Apabila Anda mengeluhkan hidung tersumbat mendadak, disertai rasa perih saat bernapas, obat-obatan yang membantu untuk mengurangi beratnya gejala yang Anda rasakan dapat digunakan, seperti pelega hidung tersumbat baik berupa obat minum maupun lokal di hidung, cairan pencuci hidung, obat pereda demam dan nyeri, obat batuk apabila diperlukan.

2. Minum Cairan Elektrolit Jika Perlu

Pada anak gejala yang timbul dapat lebih berat, seperti demam yang tinggi dan kehilangan selera makan apalagi disertai diare dan gangguan pencernaan seperti muntah-muntah, infeksi telinga, dll. Sehingga orangtua harus lebih memperhatikan asupan cairan dan kadar elektrolit tubuh, seperti menambahkan minuman pengganti elektrolit apabila diperlukan, mengawasi asupan anak dan apabila anak memiliki riwayat kejang perlu diperhatikan risiko kejang berulang apabila demam nya terlampau tinggi ataupun terjadi ketidakseimbangan cairan tubuh.

3. Jangan Sembarangan Minum Antibiotik

Banyak orang sering langsung mengambil tindakan minum antibiotik dan menganggapnya sebagai obat flu atau tak jarang antibiotik dianggap sebagai obat penghilang nyeri. Padahal bagi Anda yang mengalami hidung tersumbat, belum tentu membutuhkan antibiotik.

Apalagi apabila ternyata gejala Anda yang rasakan baru terjadi 1 hari, atau Anda adalah penderita alergi yang mengalami fase sensitisasi oleh alergen. Penyebab flu tersering adalah virus, yang sebenarnya merupakan self-limiting disease.

Lalu bagaimana jika kondisi tidak kunjung sembuh? Apakah sudah saatnya untuk meminum antibiotik? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Cara Atasi Hidung Mampet Tidak Kunjung Sembuh Akibat Flu

Afrin Semprot Hidung

Lalu bagaimana jika kondisi tidak kunjung sembuh? Apakah sudah saatnya untuk meminum antibiotik? 

Apabila gejala yang Anda rasakan bertambah berat dalam beberapa hari, disertai ingus yang mulai berwarna kuning atau kehijauan, dengan demam yang cenderung tinggi, dan tidak berhasil dengan pengobatan simptomatik, menandakan bahwa Anda terserang infeksi bakteri. 

Beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai antibiotik:

  • Waspada Antibiotik Tidak Mempan Lagi

Meski begitu harus diperhatikan bahwa penggunaan antibiotik tidak boleh digunakan secara bebas dan tanpa aturan, walaupun Anda sudah pernah diberikan obat tersebut oleh dokter, antibiotik bukanlah obat yang dapat diberikan tanpa indikasi khusus, karena menyebabkan peningkatan resistensi obat, yang dikhawatirkan apabila suatu saat Anda benar membutuhkan penatalaksanaan dengan antibiotik, maka sudah tidak mempan lagi.

  • Tertib Dengan Aturan Dokter

Harus disadari bahwa antibiotik harus dibeli dan dipakai sesuai aturan yang ditulis oleh dokter. Tak jarang orang berhenti minum obat saat gejala yang dirasakan sudah mulai berkurang, padahal sekali anda meminum antibiotik, maka Anda harus menghabiskannya hingga satu seri pengobatan yang diberikan oleh dokter.

  • Harus Dihabiskan

Apabila saya sudah merasa lebih baik setelah minum antibiotik 1-2 hari, mengapa saya harus melanjutkan minum obat? Bukannya minum obat lama akan berpengaruh pada ginjal? Baca kembali pernyataan di atas dan silahkan habiskan antibiotik apabila dokter sudah memberikannya pada Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar