Pernapasan

Cara Atasi Hidung Mampet Tidak Kunjung Sembuh Akibat Flu

Krisna Octavianus Dwiputra, 27 Nov 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Mengalami hidung mampet, pastinya bukan hal yang menyenangkan bagi Anda. Supaya cepat teratasi, coba lakukan beberapa cara berikut ini.

Cara Atasi Hidung Mampet Tidak Kunjung Sembuh Akibat Flu

Kalau sudah terserang flu, salah satu yang bisa membuat Anda kesal adalah menghadapi sejumlah gejalanya. Hidung mampet merupakan salah satu yang paling membuat risi aktivitas rutin Anda. Terlebih lagi kalau masalah hidung tersumbat ini berpindah-pindah tempat. 

Pastinya aktivitas yang paling terganggu adalah tidur. Karena hidung mampet, Anda bisa terbangung dari tidur berkali-kali. Tampaknya, Anda harus mengucapkan selamat tinggal untuk mimpi indah ketika flu melanda. Belum lagi, terbangun tidur karena kaget sulit menghirup udara. Kira-kira bagaimana mengatasinya, ya? 

Anda tak perlu kesal atau panik terhadap gejala flu yang dihadapi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah hidung mampet. Ini dia yang harus Anda ketahui.

  1. Gunakan obat pelega hidung tersumbat

Pernahkah Anda mengalami hidung mampet secara mendadak. Awalnya, pas flu mulai muncul Anda masih bisa tidur dengan nyenyak. Lama-kelamaan, hidung mulai tersumbat. Parahnya lagi disertai rasa perih saat bernapas.

Ini saat yang tepat untuk Anda menggunakan pelega hidung tersumbat. Obat ini memiliki dua jenis bentuk, yakni yang dikonsumsi langsung atau yang digunakan di area lubang hidung. Kedua jenis obat pelega hidung tersumbat ini cukup ampuh mengurangi mampet. 

  1. Kompres dengan handuk hangat

Cara yang lebih mudah lagi adalah mengompres bagian hidung mampet dengan handuk hangat. Hal ini juga bisa dilakukan di area wajah yang lain. Misalnya, di sekitar hidung, dahi, dan mulut. 

Menurut dr. Sara Elise Wijono dari KlikDokter, mengompres hidung dan sekitarnya bisa mencairkan lendir dalam hidung. Hal ini juga bisa meringankan sakit kepala yang merupakan salah satu gejala flu.

Anda bisa menggunakan handuk kecil atau waslap yang dicelupkan ke dalam baskom air hangat. Jangan lupa untuk diperas terlebih dulu. Kemudian, letakkan di hidung dan dahi. Lakukan metode ini beberapa kali dalam sehari agar lendir mencair dan bisa dengan mudah dikeluarkan.

  1. Minum cairan elektrolit

Perlu Anda ketahui, gejala flu pada anak umumnya bisa lebih berat. Tak hanya hidung mampet, tetapi si Kecil bisa mengalami demam tinggi dan kehilangan selera makan. Dalam beberapa kasus, bahkan gejala flu disertai diare dan gangguan pencernaan, serta infeksi telinga.

Hal ini membuat orang tua harus memperhatikan asupan cairan dan kadar elektrolit tubuh anak. Anda bisa menambahkan minuman pengganti elektrolit apabila diperlukan. Jika anak memiliki riwayat kejang karena suhu tubuhnya terlampau tinggi, Anda harus mengawasi anak karena risiko kejang terulang.

  1. Jangan sembarangan konsumsi antibiotik

Banyak orang yang berpikir mengonsumsi obat antibiotik dapat langsung menghilangkan masalah hidung mampet. Padahal, konsumsi antibiotik sebaiknya tidak boleh dilakukan sembarangan. Apalagi tanpa menggunakan resep dokter. Hal ini karena beberapa jenis flu tidak bisa diatasi dengan konsumsi jenis obat tersebut. 

  1. Menghirup uap hangat

Jangan bayangkan proses uap seperti yang digunakan di rumah sakit. Bila ingin melegakan hidung, Anda  bisa melakukannya di rumah dengan cara menyiapkan air panas dan baskom.

“Tutupi kepala dengan handuk, lalu tundukan kepala ke arah baskom selama beberapa menit dan bernapas seperti biasa. Cara ini terbilang sangat ampuh untuk mengatasi permasalahan hidung mampet saat flu,” kata dr. Sara Elise Wijono.

  1. Konsumsi minuman dan makanan hangat

Ini adalah cara yang biasa dilakukan orang tua sejak zaman dahulu bila anaknya mengalami flu. Caranya mudah, siapkan minuman dan makanan hangat untuk dikonsumsi. Misalnya, sup, air jahe, ataupun lemon hangat.  Uap dari makanan atau minuman hangat bisa membantu melancarkan sirkulasi di bagian hidung.

Selain itu, makanan bernutrisi seperti sup dapat memberikan efek sugesti emosi yang positif, menjadikan tubuh lebih relaks dan pikiran lebih tenang.

“Saat sedang flu, pasien sering disarankan untuk mengonsumsi makanan yang hangat dan lunak sampai merasa lebih baik. Makanan atau minuman dingin justru bisa memperburuk kondisi mampet, apalagi jika pasien punya alergi dingin,” ungkap dr. Sara.

  1. Tubuh butuh pijatan

Anda bisa memijat sendiri bagian dahi dan pipi agar hidung tak lagi tersumbat. Pijatan tersebut akan meningkatkan sirkulasi dan membantu meringankan rasa nyeri akibat lendir yang menyumbat bagian dalam hidung.

“Anda bisa melakukan pijatan dengan jari telunjuk. Lalu, pijat bagian tepi hidung selama 15-20 detik. Ulangi beberapa kali sampai bagian yang dipijat terasa lebih baik dan lendir secara perlahan mulai melunak. Anda juga bisa memijat area pipi dengan jari tengah dan jari telunjuk. Letakkan kedua jari di tepi hidung. Secara perlahan tarik jari dari tepi hidung ke arah bawah kelopak mata,” saran dari dr. Sara.

Itu adalah cara-cara atasi hidung mampet saat flu yang bisa Anda lakukan. Semua bisa Anda lakukan sendiri dengan cara sederhana. Mulai dari  menggunakan air hangat, handuk dan baskom di rumah, hingga memijat tepi hidung. Tentunya ini akan membuat Anda bisa tidur nyenyak dan bangun lebih segar keesokan harinya. 

[RPA/AYU]

FluHidungHidung Mampet

Konsultasi Dokter Terkait