Sukses

Rambut Rontok? Bisa Jadi Akibat Kekurangan Zat Besi

Rambut rontok dapat terjadi akibat adanya gangguan kesehatan, seperti kekurangan zat besi. Bagaimana cara untuk mengatasinya?

KlikDokter.com - Apakah rambut Anda sering rontok? Rambut rontok tentu merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan dan kadang menimbulkan ketidakpercayaan diri. Namun, Anda tak perlu terburu-buru panik. Bila terdapat rambut Anda yang sedikit rontok setiap hari, hal itu bisa saja normal. Pada dasarnya, rambut akan mengalami kerontokan sekitar 100 helai per hari.

Meski demikian, rambut rontok dapat terjadi akibat adanya gangguan kesehatan. Salah satunya akibat kekurangan zat besi, terutama pada penderita anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi. Apalagi, jika kerontokan rambut disertai oleh gejala pucat, sakit kepala, jantung berdebar ataupun sesak napas.

Anemia adalah suatu kondisi ketika jumlah sel darah merah yang sehat berkurang, sehingga tidak mampu untuk menjalankan tugasnya untuk mengantarkan nutrisi dan oksigen ke jaringan, termasuk ke rambut.

Sementara itu, zat besi sangatlah penting bagi pembentukan sel darah merah. Bila tubuh kekurangan zat besi, secara langsung jumlah sel darah merah sehat akan berkurang, sehingga kemampuan membawa nutrisi dan oksigen ke jaringan tubuh otomatis ikut berkurang. Ini mengakibatkan jaringan rambut menjadi tidak kuat dan mudah rontok.

Lalu apa yang dapat dilakukan untuk mencegah hal tersebut? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Rambut Rontok? Bisa Jadi Akibat Kekurangan Zat Besi

Sakatonik Liver

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 80% penduduk dunia mengalami kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi juga merupakan penyebab tersering terjadinya anemia, terutama pada wanita usia subur.

Kekurangan zat besi memang bukan penyebab utama kebotakan. Namun, sebuah studi yang dilakukan oleh Bergfeld menemukan bahwa kekurangan kadar zat besi di dalam darah dapat memperparah kerontokan rambut.

Kebutuhan zat besi harian pada wanita usia 19-51 tahun adalah sekitar 18mg/hari dan bagi wanita hamil kebutuhannya meningkat menjadi 27 mg/hari. Sedangkan pada pria, kebutuhan zat besinya adalah 8 mg/hari.

Penuhi kebutuhan nutrisi zat besi dengan makanan-makanan sebagai berikut:

1. Zat besi bisa dikonsumsi dari bahan alami, seperti:

  • daging merah,
  • hati ayam,
  • kacang-kacangan,
  • tahu,
  • tiram,
  • sayuran hijau gelap seperti; bayam dan kangkung.

2. Untuk mempercepat penyerapan zat besi, tambahkanlah konsumsi sayur dan buah yang kaya akan vitamin C, seperti:

  • jeruk,
  • mangga,
  • pepaya dan sebagainya.

Suplemen tambahan untuk penambah zat besi juga dapat dikonsumsi. Namun, tidak semua orang yang mengalami kerontokan rambut dan kebotakan dapat sembarangan mengonsumsi suplemen tambahan zat besi. Perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter terlebih dahulu, karena kelebihan zat besi memiliki efek membahayakan bagi tubuh.

0 Komentar

Belum ada komentar