Darah

5 Sumber Gizi untuk Penderita Anemia yang Berpuasa

dr. Anita Amalia Sari, 09 Jun 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Komponen paling esensial bagi penderita anemia yang berpuasa adalah pengaturan asupan makanan. Karena itu, memilih sumber zat gizi yang tepat sangat perlu diperhatikan.

5 Sumber Gizi untuk Penderita Anemia yang Berpuasa

KlikDokter.com - Berpuasa bagi orang yang mengalami anemia memang merupakan sebuah tantangan tersendiri. Sebelum memutuskan untuk berpuasa, alangkah baiknya bila penderita anemia berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menilai ringan atau beratnya anemia.

Bagi penderita anemia, jika diperbolehkan untuk berpuasa memang harus memperhatikan beberapa hal agar dapat menjalankan puasa dengan baik. Komponen terpenting saat puasa bagi penderita anemia adalah pengaturan asupan makanan. Salah pilih menu makanan dapat berujung pada bertambah parahnya anemia.

Kekurangan zat besi masih menjadi penyebab utama anemia di Indonesia. Oleh sebab itu, asupan zat besi sangatlah penting untuk dipenuhi saat berpuasa. Makanan yang paling tepat untuk dikonsumsi penderita anemia saat bulan puasa adalah makanan yang tinggi zat besi, kalsium, vitamin (terutama vitamin B), dan mineral. Komponen-komponen tersebut harus tercakup di dalam menu sahur dan berbuka. Jangan menggunakan prinsip asal kenyang, namun kandungan gizi dalam makanan tersebut ternyata sangat minim.

Ketika Anda berpuasa, asupan nutrisi di halaman berikut ini tidak boleh ketinggalan:

Beberapa asupan nutrisi yang harus diperhatikan penderita anemia jika berpuasa:

1. Zat Besi

Makanan yang banyak mengandung zat besi antara lain daging merah, kacang-kacangan, sayuran hijau, kuning telur, hati ayam, dan sebagainya.

2. Asam Folat

Contoh makanan yang mengandung asam folat antara lain sayuran hijau seperti bayam, brokoli; buah-buahan seperti pisang, jeruk, alpukat, kacang-kacangan, biiji-bijian dan lain sebagainya.

Artikel Lainnya: Coba Konsumsi Minuman Ini Untuk Atasi Anemia!

3. Vitamin B 12

Dapat ditemukan dalam daging maupun produk susu.

4. Vitamin C

Vitamin C bermanfaat untuk membantu penyerapan zat besi. Terdapat pada jeruk, lemon, pepaya, dan stroberi.

5. Susu

Pilihlah susu yang tinggi kalsium, protein, dan mineral.

Kurang darahPenanganan AnemiaGejala AnemiaAnemia PuasaNutrisi Puasa