Sukses

Anak Kurus? Kenali empat Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Anak

Terdapat 4 faktor kenapa anak kurus. Simak selengkapnya disini bersama dr. Alvin Nursalim.

KlikDokter.com - Tentu merupakan keinginan setiap orangtua untuk melihat anaknya tumbuh sehat. Pada beberapa keadaan, anak Anda dapat tumbuh dengan kecepatan yang berbeda dengan teman sebayanya. Lalu terlintas pertanyaan, mengapa anak saya lebih pendek? Mengapa anak saya lebih kurus?

Berbagai pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan memahami bahwa setiap anak memiliki laju pertumbuhan yang berbeda. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan ada anak yang gemuk dan ada anak lain yang kurus.

Mari kita kenali berbagai faktor yang menyebabkan perbedaan pertumbuhan anak Anda. Selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

Anak Kurus? Kenali empat Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Anak

1. Faktor genetik

Anda perlu memahami bahwa keadaan anak Anda dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya faktor genetik. Bagaimana postur tubuh Anda? Jika tubuh kedua orang tua kecil, maka kemungkinan anak Anda juga akan memiliki postur tubuh yang tidak berbeda jauh dengan Anda. Namun pertumbuhan seorang anak juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan, yaitu berupa asupan nutrisi dan olah raga. Jika faktor lingkungan ini optimal, tidak menutup kemungkinan anak Anda akan memiliki tubuh yang lebih besar sesuai harapan.

2. Faktor nutrisi

Faktor nutrisi memerlukan perhatian khusus. Asupan anak harus dijamin agar memenuhi kebutuhan nutrisi dasar anak tersebut. Apabila anak Anda tergolong aktif, tingkatkan asupan nutrisinya. Pilihlah makanan sehat yang banyak berkalori tinggi (roti, bubur, kue) dan bukannya makanan jajanan yang tidak bernutrisi (snack, permen). Jangan lupakan nutrisi berupa sayur dan buah.

3. Aktivitas fisik

Apakah anak Anda berolahraga secara teratur? Pertumbuhan akan terjadi dengan pesat pada tahun pubertas, umumnya ketika anak Anda menginjak umur ke 10 sampai 15. Periode ini ditandai dengan pertumbuhan tinggi badan yang pesat. Karena itu, diperlukan asupan nutrisi yang baik dan rangsangan berupa olah raga teratur. Anak Anda harus dirangsang untuk berolah raga secara teratur untuk merangsang pertumbuhan tulang anak Anda. Jangan biarkan anak Anda masuk ke dalam epidemi obesitas yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

4. Infeksi

Infeksi dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan anak. Infeksi yang umum menyebabkan gangguan pertumbuhan anak adalah infeksi pada paru dan infeksi cacing. Apabila infeksi tidak ditangani dengan baik, maka pertumbuhan anakpun akan terhambat.

0 Komentar

Belum ada komentar