Sukses

Mengenal Dekongestan, Si Penyelamat Untuk Hidung Tersumbat

Hidung Anda tersumbat? Ada obatnya, yakni dekongestan. Simak penjelasan dr. Muhammad Anwar Irzan disini selengkapnya.

Afrin Semprot Hidung

KlikDokter.com - Hidung tersumbat merupakan suatu masalah kesehatan yang hampir tiap tahun kita alami, hal tersebut begitu mengganggu aktivitas sehari-hari Anda tentunya. Dekongestan adalah suatu jenis obat yang dapat memberikan efek melegakakan  hidung tersumbat hanya dalam jangka waktu yang pendek.

Dekongestan dapat digunakan untuk meringankan gejala hidung tersumbat ketika Anda menderita:

  • influenza
  • alergi
  • radang selaput lender hidung.

Dekongestan dapat dibeli dengan bebas, bentuk sediaannya ada yang tablet atau semprot hidung. Beberapa bahan yang paling umum ditemukan di dekongestan adalah:

  1. pseudoefedrin
  2. oxymetazoline
  3. fenilefrin
  4. xylometazoline

Bagaimana sebenarnya cara kerja dekongestan? Jawaban selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

Mengenal Dekongestan, Si Penyelamat Untuk Hidung Tersumbat

Afrin Semprot Hidung

Cara Kerja Dekongestan:

Lapisan kulit di hidung sebagai organ yang penting mengandung banyak pembuluh darah kecil. Jika terjadi gangguan pada lapisan ini, seperti infeksi atau alergi, lebih banyak aliran darah menuju ke pembuluh ini sebagai bagian dari respon kekebalan tubuh Anda, yang pada akhirnya membuat lapisan tersebut menjadi membengkak.

Hal ini membuat sumbatan yang mengganggu aliran udara melewati hidung anda, sehingga sulit bagi Anda untuk bernapas melalui hidung. Dekongestan mengurangi pembengkakan pembuluh darah di dalam hidung Anda. Hal ini membantu untuk membuka jalan napas hidung Anda, membuat anda bernapas dengan lebih mudah. Meskipun dekongestan dapat membantu Anda melegakan hidung anda, kerja obat tersebut tidak bisa menyembuhkan penyebab hidung tersumbat, seperti pilek atau alergi.

Hal yang perlu dipertimbangkan ketika menggunakan dekongestan adalah bahwa Dekongestan tidak dianjurkan pemakaiannnya untuk anak-anak berusia di bawah 12, bagi wanita yang sedang menyusui dan untuk orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti tekanan darah tinggi.

Hal lain mengenai pemakaian dekongestan bahwa dekongestan tidak dianjurkan untuk digunakan selama lebih dari tujuh hari, karena dapat menyebabkan penyumbatan hidung yang lebih berat dari sebelumnya pada saat anda tidak menggunakannya.

Sebagaimana pemakaian obat, dekongestan juga memiliki efek samping,, yaitu

  • mulut kering
  • sakit kepala
  • nyeri otot dan sendi

Efek samping tersebut masuk dalam kategori ringan, Efek samping yang lebih serius yang pernah dilaporkan seperti halusinasi (melihat dan mendengar hal-hal yang tidak nyata) dan reaksi alergi yang parah (anafilaksis), tetapi ini sangat jarang terjadi.

Interaksi

Pada saat ini dekongestan merupakan campuran dari kombinasi obat untuk mengatasi gejala flu, dimana obat-obatan dekongestan dikombinasikan dengan obat penurun suhu tubuh saat demam, ataupun obat anti-alergi serta obat analgesic sebagai penghilang rasa sakit. Penting untuk anda agar berhati-hati membaca komposisi obat yang anda gunakan.

Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan dekongestan jika Anda sedang menggunakan obat-obatan jenis antidepresan yang disebut monoamine oxidase inhibitor, karena hal ini dapat meningkatkan tekanan darah secara ekstrim.

Penggunaan obat dekongestan yang berefek secara cepat biasanya  dipilih dalam bentuk nasal spray atau semprot hidung. Penggunaan ini menjadi lebih populer karena kemudahannya dan harapan dari penderita agar hidung menjadi lega dan aktivitas mereka menjadi tidak terganggu.

MWB L.ID.CC.05.2015.0457

0 Komentar

Belum ada komentar