Sukses

Serba-serbi Mimisan

Mimisan merupakan keadaan umum yang ditemukan pada 7-14% populasi. Pada pria angka kejadian lebih tinggi dibanding wanita. Berikut penjelasan selengkapnya dari dr. Yadita Wira Pasra, Sp. THT.

Afrin Semprot Hidung

KlikDokter.com - Penyebab mimisan sangatlah banyak. Secara umum penyebab mimisan dapat dibagi berdasarkan 2 kelompok besar, yaitu berdasarkan penyebab lokal dan penyebab sistemik. Penyebab lokal yang sering tidak disangka adalah akibat mengupil, ketika mengorek hidung tanpa sengaja dapat melukai anyaman pembuluh darah di hidung bagian tengah.

Penggunaan obat semprot pada hidung yang tidak hati-hati ataupun diluar pengawasan dokter juga dapat memberikan efek lesi lokal dan menyebabkan perdarahan. Benda asing, polip juga dan reaksi pembengkakan pada hidung dapat mengakibatan mimisan. Perdarahan yang terus menerus dan sulit dihentikan dapat dipikirkan bahwa tumor adalah penyebabnya.

Sementara dari penyebab sistemik penyebab tersering terjadinya mimisan adalah:

  • Hipertensi

  • kelainan pembuluh darah

  • keganasan

  • infeksi

  • malnutrisi

  • alkohol serta penggunaan obat-obatan tertentu.

Mimisan yang terjadi pada anak paling sering disebabkan karena infeksi dan rapuhnya anyaman pembuluh darah di bagian tengah hidung depan.  Pada saat anak mengalami infeksi maka pembuluh darah akan melebar, dan kebiasaan mengucek hidung, mengupil, membuang ingus dengan kencang mempunyai risiko tinggi pecahnya anyaman pembuluh darah di hidung. Sebaiknya orangtua tidak perlu panik apabila anak mimisan tiba-tiba, pastikan saja anak mengerti apa yang harus dilakukan apabila mengalami mimisan, titipkan pada orang terdekat atau guru apabila terjadi mimisan, dan bawalah ke dokter apabila langkah–langah yang telah dilakukan tidak menghentikan perdarahan.

Mimisan merupakan kegawat daruratan di bidang THT, karena mimisan dalam jumlah banyak dapat menyebabkan penderita mengalami shock. 

Halaman berikut menjelaskan selengkapnya bagaimana penatalaksanaan mimisan yang baik dan benar:

1 dari 2 halaman

Serba-serbi Mimisan

Afrin Semprot Hidung

  1. Penatalaksanan yang utama adalah perhatikan keadaan pasien, apakah terlihat cukup kuat atau lemah. Apabila pasien dalam keadaan lemah, langsung bawa pasien ke dokter terdekat.

  2. Jangan tidurkan pasien dalam posisi terlentang atau kepala tengadah, bila mungkin, posisikan duduk sedikit menunduk dan tekan kedua hidung secara bersamaan selama beberapa menit. Bila ada darah yang mengalir ke tenggorok akan lebih baik jika dikeluarkan. Bila tidak memungkinkan biarkan pasien dalam posisi tidur miring.

  3. Bila pasien sadar boleh diberikan minum dingin pada penderita mimisan. Apabila dalam waktu ­+ 15 menit perdarahan tidak berhenti, maka bawalah penderita ke dokter.  

  4. Memasukkan benda-benda kasar kedalam hidung dengan tujuan menyumbat agar darah tidak keluar lagi tidaklah dianjurkan, lebih baik menggunakan kapas wajah yang digulung kecil dan didiamkan beberapa saat.

  5. Obat topikal hidung yang bertujuan untuk mengecilkan pembuluh darah dapat dipergunakan sebagai pertologan pertama pada mimisan sebelum pasien di bawa ke dokter.

MWB L.ID.CC.05.2015.0457

0 Komentar

Belum ada komentar