Sukses

Hidung Tersumbat Terus-menerus

Entah itu pagi hari, atau ketika di kantor. Hidung tersumbat tidak hanya sekadar mengganggu aktivitas. Tapi juga bisa mengganggu kesehatan. Berikut selengkapnya penjelasan dr. Yadita Wira Pasra, Sp. THT.

Afrin Semprot Hidung

KlikDokter.com - Hidung tersumbat yang terus menerus, dalam waktu lebih dari 7 hari, tidak tergantung dari kondisi lingkungan, posisi tubuh, waktu, maka dapat dicurigai penyebabnya berupa kelainan bentuk hidung itu sendiri. Diantaranya seperti:

  • Tulang hidung bengkok
  • Stenosis lubang hidung
  • Rinitis akut dengan bentukan krusta
  • Pembesaran atau pembengkakan konka
  • Polip
  • Benda asing hidung
  • Tumor

Mengapa Ini Bisa Terjadi? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya:

1 dari 2 halaman

Hidung Tersumbat Terus-menerus

Afrin Semprot Hidung

Penyebab Hidung Tersumbat Terus-menerus:

1.Deviasi Septum

Merupakan sebuah keadaan dimana tuang rawan pembatas antara kedua rongga hidung mengalami penyimpangan dari garis tengah hidung, sehingga menyebabkan salah satu atau kedua sisi hidung menyempit, dan aliran udara yang masuk terhalang. Hal ini terjdai pada >70% orang, namun derajat berat ringan sumbatan ditentukan oleh derajat berat ringannya kebengkokan hidung ini. Mengapa tulang hidung bisa bengkok? Tulang hidung bengkok terjadi akibat proses perkembangan maupun trauma yang didapat. Namun untuk mengetahui nya, tentu saja harus diperiksakan ke dokter.

2.Stenosis Lubang Hidung

Penyempitan pada lubang hidung yang dapat diakibatkan karena trauma maupun infeksi, yang pada proses penyembuhannya menyebabkan jaringan parut. Penatalaksanaan kelainan ini berupa tindakan operatif.

3.Polip

Merupakan tumor jinak yang tumbuh di hidung, merupakan jaringan lunak, permukaannya licin, warna putih mengkilat dan bertangkai berasal dari sinus. Banyak orang keliru membedakan antara konka yang membesar dengan polip. Biasanya orang dengan keluhan hidung tersumbat yang terus menerus, disertai ingus bening hingga kental kehijauan, lebih dari 12 minggu kadang disertai gejala alergi seperti bersin-bersin, mata gatal dan keluhan tidak hilang dengan obat-obatan biasa sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter. Tak sedikit pasien yang memeriksakan dirinya setelah mengalami keluhan bertahun-tahun yang mengganggu kualitas hidupnya.

4.Hipertofi Konka

Keadaan dimana daging normal dalam hidung mengalami pembesaran, sebagai akibat kompensasi dari tulang hidung yang bengkok maupun alergi. Biasanya banyak orang keliru mengenali konka yang membesar sebagai polip atau tumor hidung. Terkadang tindakan operasi diperlukan untuk mengatasi keluhan dhidung tersumbat akibat hipertrofi konka ini.

5.Benda Asing Hidung

Merupakan hal yang sering terjadi pada anak, tersering pada anak usia balita, Keluhan hidung tersumbat biasanya tidak diketahui secara langsung pada anak yang lebih kecil, akan tetapi pada anaka yang lebih besar, anak dapat mengeluhkan mampet pada hidung yang biasanya 1 sisi. Benda asing hidung merupakan kasus yang cukup sering ditemukan pada anak di bidang THT. Apabila benda asing yang dimasukkan beupa baterai, maka kerusakan yang ditimbukan bisa cukup parah.

6.Tumor

Bermacam jenis tumor dapat menyebabkan keluhan hidung tersumbat. Baik tumor yang bersal dari hidung maupun nasofaring. Hal ini terjadi karena aliran udara yan masuk melalui hidung terhambat oleh masa tumor. Di Indonesia angka keganasan nasofaring menempati posisi tumor tertinggi yang menyebabkan gejala sumbatan hidung, disamping tumor pada rongga hidung sendiri. Penegakkan diagnosis tumor ini sendiri harus dilakukan secara cermat dan bertahap dengan berbagai modalitas pemeriksaan penunjang. Keterlambatan diagnosis karena banyak pasien yang dating ketika penyakit sudah mencapai stadium lanjut, karena menyepelekan keluhan hidung tersumbat sebagai  “pilek biasa”. Semakin awal ditegakkan diagnosis tumor maka angka harapan hidup dan kesembuhan semakin tinggi.

“Hidung saya normal kata dokter, tapi rasanya mampet terus menerus?”

Ya, banyak penyebab lain dari hidung tersumbat selain bentuk anatomi. Diantaranya adalah penumpukan lendir statis pada rongga hidung, refleks tertentu pada hidung, pengaturan oleh saraf, mengorok, penyakit metabolisme yang merusak fungsi silier hidung atau penggunaan obat secara berlebihan. Bahkan keadaan psiklogis pun turut mempengaruhi. Berbagai modalitas penegakan diagnosis harus dilakukan untuk menentukan penatalaksanaan hidung tersumbat terus menerus, terutama yang bertambah buruk dari hari ke hari.  

MWB L.ID.CC.05.2015.0457

0 Komentar

Belum ada komentar