Sukses

Ancaman Peningkatan Pertumbuhan Kuman pada Badan Berkeringat

Mengapa keringat berlebih di lipatan kulit memberikan ancaman penyakit infeksi yang lebih besar?

KlikDokter.com - Sering malas mandi meskipun tubuh berkeringat? Kebiasaan ini sesungguhnya tidak boleh dipelihara. Alasannya karena ketika tubuh penuh dengan keringat, ternyata tubuh menjadi rentan serangan kuman. Kondisi tubuh berkeringat meningkatkan risiko kulit terkena penyakit infeksi.

Keringat merupakan air yang mengandung urea, glukosa, dan elektrolit (di antaranya natrium dan klorida). Adanya kandungan natrium dan klorida inilah yang menyebabkan keringat terasa asin. Keringat yang menguap secara langsung (misalnya pada kulit yang terbuka) tidak menimbulkan masalah besar. Lain halnya keringat yang berakumulasi pada lipatan-lipatan kulit, berbagai penyakit infeksi dapat terjadi akibat hal ini.

Mengapa keringat berlebih di lipatan kulit memberikan ancaman penyakit infeksi yang lebih besar? Berikut penjelasan selengkapnya di halaman berikutnya.

1 dari 2 halaman

Ancaman Peningkatan Pertumbuhan Kuman pada Badan Berkeringat

Lifebuoy Clini Shield

Hal ini disebabkan bahwa keringat yang ‘terperangkap’ di lipatan kulit akan sangat menambah kelembapan kulit. Namun, kelembapan saja tidak cukup dalam menyebabkan kerusakan kulit. Adanya gesekan pada lipatan kulit, ditambah kelembapan berlebihan tersebut, akan menimbulkan erosi dan menyebabkan gangguan pelindung kulit. Ketahanan kulit menjadi melemah, sehingga bakteri, virus, maupun jamur yang ada di kulit tersebut dapat menginfeksi dan menimbulkan gejala.

Selain itu, pH (derajat keasaman) kulit berada di rentang 5,5-5,9. Adapun peningkatan pH kulit juga berpengaruh secara negatif terhadap barier kulit, bila disertai dengan faktor lain seperti kelembapan berlebihan dan friksi. Dari penelitian, pH keringat pada orang normal adalah berkisar sekitar 6,4.

Tidak heran bila cukup banyak penyakit infeksi kulit yang terjadi di lipatan kulit. Contohnya jamur di sela-sela jari kaki, di selangkangan, di bawah lipatan payudara, yang kesemuanya terpapar faktor berupa kelembapan berlebihan dan friksi. Adapun keringat berlebihan yang tidak dibersihkan akan meningkatkan risiko infeksi tersebut.

Oleh sebab itu, bila tubuh Anda banyak berkeringat, jangan tunda untuk membersihkannya. Mandi menggunakan sabun akan mempermudah pelarutan berbagai kotoran di permukaan kulit. Selain itu, bersihkanlah area lipatan dengan saksama karena untuk membersihkan area ini memang tidak semudah pembersihan area kulit terbuka lainnya. Kulit bersih dari keringat berlebihan, menghindari infeksi kuman penyakit!

0 Komentar

Belum ada komentar