Sukses

Berikan Makanan Ini Saat Anak Flu

Salah satu kunci untuk melawan flu pada anak adalah makanan bergizi. Asupan nutrisi yang tepat akan memulihkan kondisinya dengan cepat, sehingga ia bisa kembali beraktivitas.

Afrin Semprot Hidung

KlikDokter.com – Flu adalah salah satu penyakit yang paling sering menyerang anak-anak. Gejala-gejalanya antara lain menggigil, demam, nyeri tenggorokan, nyeri otot, nyeri kepala berat, batuk, dan rasa tidak nyaman. Meski tidak berbahaya, flu bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Karena itu, penting sekali untuk tetap memantau asupan nutrisi anak. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan mengenai makanan anak saat ia mengalami flu:

Apakah suplemen, terutama vitamin C dapat menyembuhkan flu?

Beberapa studi menunjukkan bahwa suplemen vitamin C dapat membantu penyembuhan flu lebih cepat, namun tidak memberikan efek yang terlalu signifikan dalam pencegahannya. Jika anak Anda mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang cukup melalui makanan, Anda tidak perlu memberikannya tambahan suplemen. Suplemen boleh saja diberikan jika asupan hariannya tidak mencukupi. Suplemen dalam jumlah yang berlebih akan menyebabkan anak Anda berisiko tinggi untuk mengalami keracunan vitamin. Oleh karena itu, selalu berikan dalam dosis yang dianjurkan.

Makanan apa yang sebaiknya diberikan pada anak saat sedang flu? Selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

Berikan Makanan Ini Saat Anak Flu

Afrin Semprot Hidung

Makanan apa yang sebaiknya diberikan pada anak saat sedang flu? 

Anak Anda mungkin saja mengalami penurunan nafsu makan saat sedang mengalami flu. Oleh karena itu, berikan ia makanan dalam porsi kecil namun sering. Namun yang terpenting adalah tetap memperhatikan nutrisinya. Pastikan anak Anda mendapatkan cairan yang cukup melalui air putih, sup atau buah-buahan yang kaya air. Hindari memberikan anak minuman yang mengandung kafein seperti teh atau minuman bersoda karena minuman ini akan memberikan efek diuretik (anak menjadi lebih sering BAK). Anda juga bisa memberikannya sup ayam hangat yang dipercaya memiliki efek antiperadangan, dan uapnya yang hangat dapat membantu meredakan gejala hidung tersumbat.

Adakah makanan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh untuk menyerang infeksi flu?

Sebetulnya, tidak ada satupun makanan yang terbukti secara ilmiah dapat mencegah seseorang terkena flu. Namun makanan atau diet yang seimbang yang mengandung antioksidan seperti vitamin A, C, E, beta karoten dan seng dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Anda bisa mendapatkannya dari berbagai jenis buah dan sayuran. Selain itu, bawang putih dan jamur juga dapat berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. 

0 Komentar

Belum ada komentar