Sukses

6 Jenis Olahraga yang Baik untuk Penderita Asma

Jangan biarkan penyakit asma membuat Anda tidak berolahraga. Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana memilih jenis olahraga yang tepat.

Afrin Semprot Hidung

KlikDokter.com - Banyak penderita asma yang beranggapan bahwa berolahraga akan memicu gejala atau serangan asma. Hal itu sama sekali tidak benar. Berolahraga tidak memiliki efek negatif terhadap penderita asma, asalkan mereka dapat memilih olahraga yang tepat atau olahraga yang bisa memperbaiki keadaan paru-paru.

Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa penderita asma yang rutin berolahraga mengalami peningkatan kebugaran kardiovaskular. Oleh karena itu, dengan berolahraga secara teratur kualitas hidup penderita asma akan meningkat, begitu juga dengan kesehatan psikologis.

Berikut di halaman berikut adalah enam jenis olahraga yang baik untuk penderita asma:

1 dari 2 halaman

6 Jenis Olahraga yang Baik untuk Penderita Asma

Afrin Semprot Hidung

Berikut adalah enam jenis olahraga yang baik untuk penderita asma:

1. Berenang

Salah satu olahraga yang ideal bagi penderita asma adalah berenang. Hal ini dikarenakan saat berenang seseorang menghirup udara yang lembap, dan udara lembap dapat mengurangi risiko serangan asma. Selain itu, berenang dalam posisi horizontal dapat melonggarkan lendir yang terkumpul di bawah paru-paru. Berhati-hatilah dengan kolam yang mengandung klorin atau kaporit berlebihan karena bahan kimia tersebut dapat memicu terjadinya serangan asma.

2. Berjalan Kaki

Terdapat studi yang mengatakan bahwa orang dewasa yang berjalan tiga kali seminggu selama 12 minggu dapat mengontrol terjadinya serangan asma dan meningkatkan kebugaran. Berjalan kaki dengan kecepatan sedang bisa dilakukan selama setengah jam pada satu waktu, dengan lima menit pemanasan dan lima menit pendinginan.

3. Yoga

Yoga merupakan aktivitas fisik yang fokus pada gerakan tubuh yang berguna untuk memperkuat otot dan juga pernapasan, sehingga dapat mengaktifkan kinerja paru-paru dan menenangkan pikiran. Manfaat yang sama juga bisa diambil dari olahraga tai chi, yaitu seni bela diri yang menekankan pada latihan pernapasan.

4. Voli

Voli merupakan olahraga yang tidak melibatkan gerakan terlalu banyak. Sehingga olahraga voli ini relatif aman bagi penderita asma.

5. Olahraga Raket

Olahraga raket seperti badminton dan tenis memungkinkan Anda untuk mengeluarkan energi di lapangan dengan teratur selama permainan. Anda juga memiliki kontrol atas kecepatan permainan.

6. Senam Asma

Senam asma berguna untuk meningkatkan kesegaran jasmani dan kemampuan bernapas. Namun senam asma tidak boleh dilakukan sembarangan. Terdapat syarat untuk melakukan senam asma, di antaranya adalah tidak dalam serangan asma, sesak dan batuk, tidak dalam keadaan serangan jantung, dan tidak dalam keadaan stamina menurun.

0 Komentar

Belum ada komentar