Sukses

Berhenti Menyalahkan Sinus, Coba Cek Hidung Anda!

Anda sering mengalami hidung tersumbat? Berhenti menyalahkan sinusitis, karena ada berbagai keadaan lain yang juga dapat menyebabkan hidung tersumbat.

Afrin Semprot Hidung

KlikDokter.com - Hidung tersumbat memang sangat mengganggu. Selain membuat tidak nyaman, hal tersebut juga dapat mengganggu tidur dan aktivitas.  

Hidung tersumbat diakibatkan oleh mukosa (dinding dalam hidung), jaringan dalam hidung, dan pembuluh darah yang mengalami pembengkakan.

Hidung tersumbat dapat disebabkan oleh berbagai proses atau kelainan yang menimbulkan iritasi atau inflamasi (peradangan) pada jaringan dalam hidung.

Berikut adalah hal-hal yang menyebabkan hidung tersumbat, selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

Berhenti Menyalahkan Sinus, Coba Cek Hidung Anda!

Afrin Semprot Hidung

Infeksi

Infeksi virus seperti common cold dan influenza dapat menyebabkan pembengkakan jaringan dalam hidung, sehingga timbul hidung tersumbat. Common cold adalah penyakit yang relatif tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya. Sementara itu influenza menyebabkan gejala yang lebih berat dari common cold, sehingga terkadang membutuhkan pengobatan untuk mengurangi gejala. Untuk mengatasi hidung tersumbat akibat infeksi virus tersebut, dapat digunakan dekongestan semprot, tetes, atau minum.

Rinitis Alergi

Rinitis alergi memiliki gejala bersin-bersin dan hidung “meler” setiap pagi hari. Keluhan ini biasanya akan mereda menjelang siang. Orang yang mengalami keluhan ini umumnya memiliki alergi pernapasan terhadap hal-hal tertentu, seperti debu, tungau, dingin, jamur, dan lain-lain. Untuk mengatasi gejala akibat rinitis alergi, dapat digunakan obat antihistamin, dekongestan semprot, tetes, atau minum. Agar gejala tidak kembali lagi, Anda harus mengenali dan menghindari pencetus alergi tersebut.

Alergi Lain

Berbagai jenis alergi juga dapat mengakibatkan hidung tersumbat, seperti alergi makanan (kacang-kacangan, makanan laut, gandum, susu sapi, susu kedelai, telur, dan lain-lain) dan alergi terhadap bau-bauan yang menyengat (parfum, pengharum ruangan, pengharum mobil, pewangi pakaian, bau masakan, asap rokok, asap kendaraan bermotor, dan lain-lain). Untuk meredakan gejala alergi, dapat digunakan antihistamin maupun dekongestan. Namun seperti semua alergi lain, Anda harus mengenali dan menghindari pencetus alergi pada diri Anda.

Kelainan Bentuk Hidung

Pada keadaan normal, sekat hidung yang membatasi kedua lubang hidung lurus, rata, dan membagi kedua lubang tersebut sama besar. Namun ada sebagian orang yang memiliki sekat hidung yang tidak rata, sehingga salah satu lubang menjadi lebih kecil. Oleh karena itu, mereka yang memiliki kelainan pada sekat hidung (disebut deviasi septum nasi) kerap kali mengalami hidung tersumbat sebelah. Untuk meredakan gejala, Anda dapat menggunakan dekongestan. Namun untuk memperbaiki bentuk sekat hidung tersebut, perlu dilakukan operasi.

Polip Hidung

Polip hidung adalah daging tumbuh yang terdapat di dalam lubang hidung. Pertumbuhan polip dapat disebabkan oleh peradangan kronis akibat asma, infeksi berulang, alergi, dan lain-lain. Polip yang berukuran kecil umumnya tidak menimbulkan gejala. Namun jika ukurannya besar, polip dapat menyebabkan hidung tersumbat. Umumnya operasi diperlukan untuk menghilangkan polip. 

0 Komentar

Belum ada komentar